Perbedaan Star Seller dan Shopee Mall

Marketplace online Shopee saat ini adalah salah satu lapak utama penjualan online di Indonesia dan membuat banyak yang beralih menggunakan Shopee. Anda bisa menjual barang apapun selama barang tersebut tidak menyalahi syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh pihak Shopee.

Anda sebagai seorang penjual di Shopee akan di kategorikan ke dalam empat jenis penjual yaitu seller biasa, Star Seller, Star Plus, dan Shopee Mall. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai perbedaan Star Seller dan Shopee Mall. Kedua jenis penjual di Shopee ini sering dijumpai karena mendominasi kategori produk yang dijual di Shopee. Kita mulai dulu dari Seller Biasa.

 

 

Jenis – Jenis Penjual Shopee

Selain Star Seller dan Shopee Mall, saat ini terdapat 4 jenis penjual (seller) berdasarkan tingkatan baik dari segi kualitas dan keuntungan yang di dapat penjual maupun pembeli dari setiap jenis seller. 4 jenis penjual di Shopee tersebut antara lain :

Seller Biasa

Seller biasa merupakan sebuah status yang biasa digunakan bagi para penjual yang baru mulai berjualan di Shopee. Seller ini sudah memiliki hal untuk menjual dan memasarkan produk-produk mereka masing-masing di Shopee. Untuk menjadi seller biasa ini Anda tidak akan diminta untuk memenuhi kualifikasi khusus. Dengan kondisi ini maka setiap orang yang berjualan di Shopee akan dikenal sebagai seorang Seller Biasa.

Keuntungan yang bisa diperoleh oleh seorang Seller Biasa adalah berupa kemudahan berjualan tanpa ada pungutan biaya apapun dari Shopee. Tetapi Anda juga masih bisa memanfaatkan promo-promo dari Shopee seperti promo gratis ongkir bagi pembeli di toko Anda yang bisa membantu toko Anda menjadi lebih baik.

 

Star Seller

Status sebagai seorang Star Seller akan diberikan kepada Anda penjual Shopee yang telah memenuhi kriteria dan telah ditetapkan di Shopee. Dan kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi seorang Star Seller dapat dilihat dari:

Jumlah transaksi minimum

Persentase chat atau percakapan yang dibalas

Penilaian (review)

 

Jika Anda yang sebelumnya adalah seorang Seller Biasa dan telah memenuhi kualifikasi yang ditentukan oleh pihak Shopee, Anda akan mendapatkan penawaran untuk menjadi seorang Star Seller. Dan untuk kemudian Anda akan mengurus beberapa hal yang berhubungan dengan administrasi untuk melengkapai syarat dan ketentuan untuk menjadi Star Seller di Shopee. Penjual yang mendapatkan status Star Seller akan diberikan beberapa keuntungan dan fitur yang tidak diperoleh oleh penjual biasa.

Manfaat yang bisa Anda peroleh apabila Anda telah memiliki status sebagai seorang Star Seller adalah reputasi toko Anda di Shopee tentu akan meningkat. Selain itu, rekomendasi gratis dari pihak Shopee untuk produk-produk Anda pada kata kunci tertentu yang ada dalam mesin pencari Shopee.

Selain itu, Star Seller pun mempunyai keunggulan dengan adanya badge atau lencana atau logo yang bertuliskan Star Seller di berbagai halaman toko Anda. Sehingga hal ini akan membuat tampilan produk serta toko Anda menjadi lebih menarik dan terpercaya. Jadi, penggambaran ini akan dapat berimbas kepada meningkatnya performa toko dan penjualan Anda di Shopee.

 

Star Plus

Star+ (Star Plus) seller merupakan Program Star terbaru di Shopee yang baru diluncurkan pada bulan September 2020. Star+ merupakan seller dengan keuntungan satu tingkat dari Star Seller Shopee.

 

Shopee Mall

Yang terakhir adalah Shopee Mall yang merupakan jenis Seller atau status tertinggi bagi penjual di Shopee untuk saat ini. Penjual dengan Badge Mall biasanya merupakan toko resmi / official yang memproduksi produk sendiri dan dipasarkan melalui marketplace Shopee.

Untuk mendapatkan status ini, akan ada beberapa hal yang sangat penting untuk dipersiapkan. Yang salah satu syaratnya adalah Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual yang ada dalam bentuk Sertifikat Merk atau Merk Dagang. Selain syarat tersebut, masih juga ada beberapa kriteria khusus lain yang harus dipenuhi.

Toko yang mempunyai status sebagai Shopee Mall, keuntungan utama yang bisa didapatkan antara lain :

Akan muncul pada halaman Shopee Mall

Secara otomatis reputasi toko Anda akan meningkat

Kemudian penjualan toko Anda juga pasti akan meningkat

Fitur premium yang diberikan oleh Shopee

Promo khusus yang diberikan oleh Shopee

 

Perbedaan Star Seller dan Shopee Mall di Shopee

Star Seller adalah penjual dengan rating baik, aktif dan sekaligus memiliki pelayanan pelanggan yang memuaskan. Untuk mendapatkan badge Star seorang penjual harus memenuhi sejumlah kriteria yang ditentukan oleh Shopee. Misalnya penilaian toko diatas 4.5, dan persentase chat dibalas diatas 80%. Cukup meyakinkan bukan? Oleh karena itu menjadi seorang penjual yang konsisten tentu tidak mudah.

Lalu ada juga yang logo Mall. Artinya barang tersebut berasal dari Shopee Mall. Shopee Mall adalah toko yang dikelola secara langsung oleh Shopee untuk memberikan pelayanan terbaik.

Berikut perbedaan Star Seller dan Shopee Mall :

  1. Keaslian Produk

Produk yang dijual oleh Shopee Mall dijamin 100% original oleh Shopee, dan memiliki badge Ori. Sehingga calon pembeli yang ingin berbelanja tanpa takut was-was dengan keaslian barang. Keaslian produk ini merupakan salah satu syarat mendaftar Shopee Mall di Shopee.

Berbeda dengan barang yang dijual oleh Star Seller yang terkadang masih dijumpai barang “2nd tier” atau malah barang KW seperti USB flashdrive masih sering dijumpai dijual oleh seller nakal. Ini artinya, Star Seller tidak diharuskan menjual produk original tetapi tetap harus memperhatikan kualitas produk yang dijual untuk menghindari toko dari Penalti Shopee.

 

  1. Standar dan Kualitas Produk

Barang yang dijual oleh penjual berstatus Shopee Mall memiliki standarisasi lebih tinggi dari Star Seller. Shopee mengharuskan penjual dengan badge Mall ini memiliki Hak Kekayaan Intelektual dalam bentuk bentuk sertifikasi merek/merek dagang yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) atau sertifikasi merek/merek dagang yang dikeluarkan lembaga pemerintahan.

Artinya merk dagang yang dijual harus merk dagang sendiri. Berbeda dengan Star Seller yang produknya tidak mengharuskan demikian. Terus pertanyaannya adalah, jika ada 2 barang yang sama, lebih baik membeli dari mana? Apakah dari Star Seller atau dari Shopee Mall? Tentu jawabnya adalah Shopee Mall.

Setiap produk yang dijual oleh Shopee Mall merupakan produk asli atau original. Shopee akan mengecekan kualitas dan keaslian produk yang dijual di Shopee Mall secara berkala untuk memastikan bahwa produk yang dijual memenuhi standart kualitas produk.

 

  1. Badan Hukum

Untuk dapat menjadi penjual berstatus Shopee Mall, penjual harus memiliki dokumen lisensi bisnis dalam bentuk izin bisnis/surat lisensi (Nomor Induk Berusaha/NIB, Surat Izin Usaha Perdagangan/SIUP, atau surat sejenisnya) yang memuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari pemerintah Indonesia yang menunjukkan izin usaha untuk individu atau perusahaan. Oleh karena itu yang mengisi slot penjual Shopee Mall adalah perusahaan ternama, seperti Unilever, Sony, Yamaha, Xiaomi dan lain-lain.

Usaha yang dijalankan oleh Shopee Mall harus berbentuk salah satu badan di bawah ini :

PT

CV

Distributor

Firma

Koperasi

Persekutuan Perdata

Persekutuan Umum

Persero

Usaha Dagang

 

Sedangkan Star Seller merupakan penjual biasa yang telah memenuhi persyaratan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada buyer. Tidak ada sertifikasi badan hukum yang harus dilampirkan saat mendaftarkan toko menjadi Star Seller.

 

  1. Persyaratan Produk

Berbeda dengan Star Seller, penjual di Shopee Mall mengharuskan produk – produk yang dijual dalam kategori yang terstruktur. Memiliki penulisan nama yang baik, dan deskripsi produk yang lengkap. Disamping itu jika kedapatan melakukan pelanggaran, maka penjual dapat dikenakan sanksi poin penalti dan produknya bisa terblokir.

Sedangkan Star Seller juga harus mengikuti aturan produk tetapi tidak sesulit Shopee Mall. Star Seller dapat menjual produk yang bersifat Pre-Order, Jasa dan Produk digital lainnya yang tidak memiliki lisensi merk terdaftar sesuai persyaratan produk Shopee.

 

  1. Layanan Chat

Kalau kamu sering gabut mantengin hape tengah malam, lalu ada barang yang kamu sukai, namun kamu ingin bertanya seputar produk, nah Di penjual di Shopee Mall diharuskan dapat melayani chat itu 24 jam, sedangkan Star Seller tidak diharuskan demikian, sehingga kebanyakan tidak akan merespon chat di saat jam istirahat.

 

  1. Kriteria Toko

Waluapun toko kamu sudah berbadan hukum misalnya CV, kamu juga wajib memenuhi kriteria toko agar berstatus Shopee Mall. Tentu kriteria yang ditentukan akan lebih sulit daripada Star Seller. Kamu dapat melihat perbandingan kedua kriteria Shopee Mall dan Star Seller dibawah ini :

Kriteria Star Seller :

Identitas KTP yang terdaftar dan disetujui oleh Shopee.

Mempunyai persentase chat dibalas lebih dari 80%.

Skor atau penilaian toko lebih dari 4.5.

Mempunyai persentase dan jumlah produk Pre Order kurang dari 20% selama maks. 5 hari.

Mempunyai jumlah transaksi minimal 30 pesanan atau pendapatan bersih.

Mempunyai lebih dari 10 pembeli berbeda di bulan sebelumnya.

Tidak mempunyai poin penalti.

Patuh pada kebijakan Shopee (tidak ada kejanggalan pada aktivitas akun, penyalahgunaan program untuk kepentingan pribadi atau riwayat pesanan yang tidak wajar)

 

Sedangkan kriteria Shopee Mall yaitu :

Toko memiliki >= 25 produk

Toko memiliki persentase chat dibalas >= 75%

Toko memiliki penilaian >= 4.5

Toko memiliki >= 1 pesanan

Toko memiliki tingkat pesanan tidak terselesaikan (Non-Fulfillment Rate/NFR) <= 5%

Toko memiliki tingkat keterlambatan pengiriman (Late Shipment Rate/LFR)  <= 5%

Toko memiliki jumlah produk Pre-order <20% dari total produk

Toko tidak memiliki poin penalti.

Mengikuti standarisasi daftar produk Shopee Mall.

 

  1. Pencabutan Status

Ada banyak faktor yang menyebabkan status Star Seller atau Shopee mall dapat ditangguhkan atau bahkan dicabut. Dalam pencabutan ini, status Star Seller lebih berpotensi untuk dicabut. Alasannya karena Star Seller tidak selalu berbentuk badan usaha resmi dan penjualannya masih fluktuatif. Hal yang berbeda justru ada pada Shopee Mall yang memiliki jumlah penjualan yang cenderung tetap.

 

  1. Delivery

Sistem delivery pada Shopee Mall biasanya menggunakan Shopee Express. Berbeda dengan Star Seller yang kurirnya menggunakan jasa pihak ketiga seperti JNE, J&T, TIKI dsb.

Namun adakalanya pada lokasi yang tidak tersedia Shopee Mall juga tetap bekerjasama dengan pihak ketiga. Untuk pengembalian barang sendiri, Shopee Mall memiliki garansi purna jual 7 hari pengembalian dan ada Label Pengembalian Barang yang memudahkan proses pengembalian sehingga lebih cepat dan mudah.

 

  1. Keuntungan

Perbedaan antara Shopee Mall dan Star Seller juga terdapat pada keuntungan masing – masing status toko. Berikut perbedaan keuntungan kedua jenis toko Shopee dibawah ini :

 

Keuntungan Star Seller Shopee :

Filter pencarian khusus Star Seller Shopee.

Terdapat badge Star Seller pada foto profil toko serta produk yang ditampilkan di daftar pencarian.

Toko diprioritaskan dalam program dan fitur baru dari Shopee seperti Flash Sale, Shopee LIVE, dan lain-lain.

Program Gratis Ongkir XTRA yang lebih rendah yaitu 2,5%.

Mendapatkan bonus kredit 5% (dengan ketentuan maksimal Rp. 50.000 / bulan) untuk tiap kali top-up Kredit Iklanku

 

Sedangkan keuntungan Shopee Mall adalah sebagai berikut :

Didampingi oleh Key Account Manager yang berdedikasi untuk memberikan saran terbaik dalam meningkatkan penjualan secara maksimal.

Diprioritaskan untuk ditampilkan di halaman hasil pencarian ketika Pembeli memasukkan kata pencarian yang relevan dengan produk Anda.

Prioritas akses ke fitur/promo khusus Penjual Shopee Mall untuk meningkatkan penjualan dan popularitas produk Anda dalam periode tertentu.

Prioritas akses ke fitur/promo terbaru Shopee. Toko berhak mendapatkan kesempatan untuk mencoba fitur baru atau mendapatkan informasi terkait promo terbaru Shopee lebih dulu daripada Penjual lainnya.

Berhak untuk mengikuti Shopee Marketing Solution yaitu kegiatan promosi dengan pilihan aset marketing yang lebih lengkap dibandingkan dengan tipe Penjual lainnya.

 

  1. Benefit Khusus

Shopee Mall banyak mendapatkan benefit khusus yang tidak dimiliki oleh Star Seller, salah satunya mendapatkan halaman tersendiri di Shopee.co.id/Mall, fitur dan promo eksklusif dari Shopee sehingga penjualan dan reputasi semakin meningkat. Disamping itu produk juga mendapatkan prioritas untuk ditampilkan di halaman pencarian.

Pada event-event tertentu seperti flash sale barang-barang Shopee Mall lebih banyak mendapatkan potongan harga dan ongkos kirim gratis. Untuk produk-produk konsumtif seperti susu, popok bayi, sabun dan produk lainnya lebih beruntung membeli di Shopee Mall ketimbang membeli di toko Star Seller, silahkan bisa sambil dicek perkembangan sekarang.

 

Penutup

Penjual Shopee Mall diperuntukkan bagi pelaku usaha dengan segmen Perusahaan/CV sedangkan Star Seller dimasukkan kedalam segmen UMKM atau perorangan. Jika kamu adalah pembeli namun “awam” dalam menilai keaslian produk maka silahkan berbelanja di Shopee Mall karena keaslian produknya dijamin 100% oleh Shopee.

Manfaat yang bisa didapatkan dalam menjadi Star Seller adalah reputasi yang meningkat, dan juga promosi yang diberikan oleh Shopee melalu menu pencarian. Sementara itu, Shopee Mall lebih eksklusif dengan memiliki laman khusus di beranda Shopee. Ditambah lagi, ada banyak promo serta fitur eksklusif lain yang diberikan untuk Shopee Mall.

 

Demikian pembahasan tentang seluk beluk sebagai seorang penjual di Shopee dan beberapa fitur serta manfaatnya. Pembahasan mengenai perbedaan Star Seller dan Shopee Mall. Keduanya memang memiliki perbedaan mencolok.

Mendapatkan status Star Seller di Shopee pun sudah merupakan pencapaian yang sangat baik. Semoga dengan pembahasan tersebut dapat menjadi pengetahuan juga sebagai motivasi dan inspirasi agar toko Sahabat di shopee semakin ramai, laris, dan sukses.