Cara Jualan Cepat Laku di Shopee

Kursus Shopee – Pasti tidak asing lagi dengan marketplace yang berlogo tas belanja dengan inisial “S”, kan? Yup, benar sekali, itu logo milik marketplace Shopee.  Shopee adalah salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi pembeli.

Tips awal yang perlu kamu perhatikan agar jualan cepat laku di shopee :

Sebelum berjualan, sebaiknya kamu lakukan riset terlebih dahulu di aplikasi shopee produk apa saja yang terlaris untuk dijual. Sehingga bisa memiliki gambaran apakah produk tersebut banyak peminatnya ataupun tidak.

Seharusnya kamu didukung supplier yang terpercaya, murah dan memiliki kualitas produk terbaik.

Semua orang yang mengunjungi marketplace kebanyakan calon konsumen yang sudah ingin bertransaksi atau membeli barang. Kamu sudah berjualan di Shopee? Yuk, ikuti Cara Jualan Cepat Laku di Shopee berikut ini agar daganganmu cepat laku dan makin laris manis.

 

 

  1. Pilih Produk yang Sesuai

Shopee memang dikenal dengan segmen konsumen wanita. Namun sejak dipilihnya Cristiano Ronaldo, maka diharapkan banyak pria yang ingin berbelanja di Shopee.

Bagi kita yang ingin berjualan, penting untuk memperhatikan produk yang sesuai dengan market / pengunjung shopee.

 

  1. Setting Toko di Shopee

Setting toko merupakan pondasi awal untuk berjualan di shopee yang sering diabaikan, jangan lupa Anda harus melengkapi foto profil dan cover shopee dengan gambar yang profesional, agar tampilan toko anda terlihat istimewa lengkapi juga profil lain yang perlu diisi.

 

  1. Pasang Foto Produk yang Bagus

Sebelum memajang dagangan di Shopee, pastikan kualitas foto dari produk yang akan dijual cukup bagus. Foto merupakan hal pertama yang akan dilihat calon pembeli, jadi jangan asal memasang foto. Foto produk yang terlihat bagus akan menarik pembeli. Pertimbangkan tentang pencahayaan, dan resolusi foto. Jika perlu, gunakan jasa fotografer profesional untuk memotret barang daganganmu.

Apalagi produk yang Anda jual adalah produk yang sama dengan kompetitor lain jual maka foto akan berpengaruh besar dalam meningkatkan penjualan anda di shopee. Di shopee sangat memungkinkan anda untuk menemui seller yang menjual produk yang sama dengan anda. Maka dari itu memasang foto yang lebih baik akan menambah nilai positif dalam toko anda.

 

  1. Berikan Deskripsi Produk dengan Jelas

Tips selanjutnya, kamu harus menjelaskan detail barang dagangan di kolom deskripsi sejelas-jelasnya. Deskripsi produk ini memungkinkan pembeli untuk mengetahui kualitas dan kelengkapan produk tanpa bertanya ini-itu. Buatlah deskripsi produk dengan poin-poin agar enak dibaca dan mudah dipahami calon pembeli.

 

  1. Pasang Harga Barang yang Kompetitif

Pastikan harga barang dagangan yang akan dijual sudah kompetitif sehingga bisa bersaing dengan penjual lainnya. Lakukan riset pasar sebelum menentukan harga jual, jangan sampai terlalu mahal atau terlalu murah. Sehingga dagangan cepat laku di shopee.

 

  1. Manfaatkan Fitur ‘Produk Pilihan Toko’

Produk Pilihan Toko adalah fitur yang dikembangkan Shopee sejak tahun 2018.

Di sini, seller atau penjual bisa membuat koleksi produk yang terdiri dari empat sampai delapan produk. Dengan begitu, pembeli bisa lebih mudah mencari barang yang diinginkan sesuai kategori.

Berikut ini cara aktivasi fitur Produk Pilihan Toko.

Langkah 1: Log in ke Seller Center, kemudian pilih Promosiku.

Langkah 2: Pilih Produk Pilihan Toko

Langkah 3: Pilih Tambah Koleksi

Langkah 4: Isi Nama Koleksi dan klik lambang “+” untuk tambah produk

Langkah 5: Setelah memilih 4-8 produk yang diinginkan, pilih Konfirmasi

Langkah 6: Periksa lagi dan klik Simpan

Langkah 7: Pilih Aktifkan Sekarang

 

  1. Aktifkan Fitur ‘Gratis Ongkir’

Fitur ini terbukti efektif mendatangkan banyak pembeli. Pasalnya, dengan adanya gratis ongkir konsumen tidak akan merasa terbebani lagi ketika berbelanja.

Menariknya lagi, fitur ini baru bisa didapatkan oleh pembeli dengan syarat minimal pembelian tertentu.

Jadi selain konsumen yang diuntungkan, kita pun juga akan mendapatkan keuntungan karena omset penjualan semakin meningkat.

Berikut ini cara aktivasi fitur Gratis Ongkir untuk melariskan berjualan di Shopee.

Langkah 1: Pilih Gratis Ongkir Xtra pada halaman beranda aplikasi

Langkah 2: Pilih Semua Gratis Ongkir dan klik Daftar Sekarang

Langkah 3: Ikuti langkah-langkah isi daftar diri yang muncul pada layar

Langkah 4: Centang kolom Syarat dan pilih Kirimkan

 

  1. Perbanyak Followers

Shopee juga menerapkan fitur follower. Jika kita memiliki banyak follower maka setiap kita mempublikasikan sebuah produk maka follower akan mendapatkan notifikasi.

Kamu bisa Follow Pengguna Shopee dari Kompetitor Anda

Shopee mempunyai fitur seperti newsfeed dimana setiap ada update dari toko anda maka followers akan bisa melihat update terbaru anda.

Silakan buka toko kompetitor anda dan ikuti mereka yang follow toko tersebut maka akan ada notifikasi ke aplikasi shopee para pengguna tersebut. Lalu mereka akan mengunjungi toko anda.

Lakukanlah cara tersebut sebanyak-banyaknya karena shopee tidak membatasi jumlah followers anda sehingga toko anda mendapatkan kunjungan dari calon pembeli akan semakin banyak juga.

 

  1. Gunakan Fitur “Promo Toko”

Fitur “Promo Toko” ibarat magnet yang dapat menarik pembeli.  Tidak dipungkiri, pembeli akan lebih memilih produk  dengan tag diskon atau harga yang dicoret. Sebagai penjual, Kamu bisa mengatur periode promo, nilai diskon yang diinginkan.

 

  1. Koneksikan Akun Shopee ke Instagram

Sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan toko anda di shopee maka anda perlu melebarkan sayap promosi pribadi, sambungkan akun toko di shopee ke Instagram. Saat ini shopee mempunyai fitur untuk menyambungkan toko anda ke sosial media cukup dengan mengoneksikannya maka produk di toko anda akan langsung terupdate pada status yang terupload di Instagram.

 

  1. Aktifkan Fitur “Paket Diskon”

Agar jualan cepat laku, selain memberi promo harga miring dan voucher, Kamu harus membuat inovasi diskon lainnya. Caranya, aktifkan fitur promo “Paket Diskon” untuk produk tersebut. Fitur ini memberi kesempatan pembeli untuk mendapat diskon dengan pembelian paket, misalnya “beli 2 diskon Rp.10.000”. Bentuk promosi seperti ini dapat meningkatkan jumlah penjualan.

 

  1. Kejar Label Star Seller Shopee

Status Star Seller tentunya bisa membawa banyak keuntungan terhadap cara toko online kamu berjualan di Shopee. Dengan memiliki label tersebut, pembeli akan lebih percaya dengan kualitas produk dan kredibilitas dari toko kamu.

Cara untuk bisa mendapatkan label Star Seller dengan melengkapi syarat berikut :

Data diri lengkap dan telah melakukan verifikasi KTP

Persentase chat dibalas 100%. Artinya, kamu harus rajin buka fitur Live Chat Shopee

Memiliki rating sekurangnya 4,5 bintang

Penjualan mencapai 100 pesanan dalam sebulan

Melayani 25 pembeli yang berbeda dalam sebulan

Tidak memiliki poin pinalti dan kejanggalan pada aktivitas akun Shopee

 

Demikian Cara Jualan Cepat Laku di Shopee, semoga toko sahabat segera dapat pesanan pertama dan dagangan semakin laris manis.

Simak juga : Cara Jualan di Shopee untuk Pemula agar Laris Manis