Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio

Orklan.com – Mobil MPV Honda Mobilio hingga kini masih banyak dinikmati konsumen di tanah air. Mobil keluarga dengan kapasitas 7 penumpang tersebut mungkin bisa menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan kenyamanan berkendara, mewah dalam segi desain serta bisa tampil sporty dan juga elegan. Salah satu mobil keluarga yang diincar konsumen Indonesia adalah Mobilio RS. MPV 7-seater ini punya harga paling terjangkau dibanding competitor seperti Mitsubishi Xpander Ultimate, Nissan Livina VL dan Suzuki Ertiga Sport. Harga Mobilio RS mulai Rp 237.5 juta (OTR Jakarta).

Honda Mobilio, mobil ini ramai berada di pasaran, sejak diperkenalkan pada januari 2015 lalu. Desain eksterior pun lebih anggun dan berkelas. Selain itu, persediaan warna dari mobilio pun beraneka ragam. Struktur bodi pada Mobilio sebenarnya telah diterapkan terlebih dahulu oleh Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin yaitu menggunakan teknologi G-force technology dan G-CON.

Saat ini, mungkin saja Anda tertarik membeli mobil Honda Mobilio. Tetapi, sebelum membelinya, anda perlu mengenali lebih dalam mobil ini. Di sini kami akan membahas Honda Mobilio, beserta kelebihan dan kekurangannya.

 

 

Kelebihan Mobilio

  1. Memiliki kabin yang besar/luas

Apabila dipandang sepintas, Honda Mobilio nampak lebih pendek bila dibandingkan dengan mobil-mobil MPV lainnya. Namun ternyata pada kabin Honda Mobilio adalah kabin yang terbesar apabila dibandingkan dengan mobil MPV sekelasnya. Kabin mobil ini jauh lebih luas dan lega dibandingkan dengan mobil MPV sejenis pada kelasnya. Di sini Honda memaksimalkan desain kendaraan dalam menghadirkan kabin yang luas tetapi tak membuat mobil terlihat besar.

  1. Handling Sangat Baik

Meskipun memakai EPS yang mungkin dirasa dapat menghilangkan sedikit feeling saat mengemudikannya, tetapi handling pada Honda Mobilio sangatlah baik. Bodyroll dan feedback setir yang dipunyai Honda Mobilio masih unggul dibanding dengan mobil-mobil sejenisnya.

  1. Performa Mesin Mantap dan Bisa Diandalkan

Mesin pada Honda Mobilio adalah mesin 1.500 cc L15Z1. Depot daya tersebut sanggup memuntahkan torsi puncak 145 Nm pada 4.600 rpm dan mempunyai tenaga maksimal 118 HP pada 6.600 rpm, mesin yang dipakai juga pada Honda City versi 2014. Dengan dibenamkan mesin tersebut pada Honda Mobilio membuatnya menjadi mobil yang hemat bahan bakar dan tetap memiliki performa mesin yang sangat tangguh. Serta dengan dipasangnya bahan plastik pada intake manifold membuat bobot Honda Mobilio menjadi lebih ringan.

  1. Suplai Bahan Bakar Efisien

Mobilio memakai suplai bahan bakar berjenis PGM-FI. Jenis suplai bahan bakar ini mampu membawa performa yang lebih baik dan lebih kuat pada mesin. Dengan memakai teknologi PGM-FI juga membuat mesin mobil ini memiliki suplai bahan bakar yang lebih efisien tanpa mengurangi kekuatan laju mobil. Teknologi ini sangat cocok dipakai pada mobil keluaran honda ini, Mobilio dapat melaju dengan kecepatan maksimal dan efisien bahan bakar.

  1. Desain Eksterior yang Sangat Menawan

Selain desain interior Honda Mobilio yang cukup cantik, desain eksterior yang dimiliki Honda Mobilio dianggap menjadi desain yang paling bagus dibanding mobil MPV sekelasnya. Desain eksteriornya keren, lantaran pakai banyak aerokit di sekujur eksterior. Dari bagian depan hingga belakang hadir dengan desain yang sangat sporty dan tentunya sangat mudah buat dimodifikasi. Mobilio dirancang khusus untuk menjadi mobil keluarga yang sporty.

  1. Bagasi Luas

Kelebihan Honda Mobilio juga mempunyai bagasi yang lumayan luas bahkan luasnya bagasi Mobilio mengalahkan bagasi pada Toyota Kijang Innova yang dikenal sebagai mobil berbagasi luas. Agar dapat kesan yang mewah, Honda menempatkan dongkrak dan toolkit di tempat yang tersembunyi dan tidak mengurangi ruang bagasi. Sayangnya jok mobil ini tidak bisa dilipat menjadi rata lantai.

  1. Fitur Keamanan

Honda Mobilio sudah dilengkapi berbagai jenis fitur keamanan seperti : Alarm Sistem, Pedestrian Protection, Dual Front Air Bags, Sabuk keselamatan depan dan belakang, Pretensioner with load Limiter Seatbelt, Dual Front SRS Airbags , dan Immobilizer. Fitur keamanan yang begitu banyak pada mobil ini membuat anda semakin merasa aman dari tindak kejahatan dan kejadian lainnya. Dengan beragam keistimewaan Honda Mobilio ini, ternyata harganya pun cukup terjangkau dibanding mobil sekelasnya.

 

 

Kekurangan Mobilio

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, Honda Mobilio tentu punya kekurangan juga. Dan berikut adalah kekurangan Mobilio. Buat kamu yang ingin membeli, ada baiknya ketahui juga kekurangan Honda Mobilio, untuk gambaran menyeluruh tentang mobil ini.

  1. Kualitas Pengerjaan Kurang

Banyak hal dari Honda Mobilio masih kurang dari segi kualitas pengerjaan, seperti bodi dan engine bay, dashboard, door trim, dan sambungan bodi. Sehingga membuat kesan asal-asalan dan kurang sesuai.

  1. Transmisi CVT Tidak Sanggup Menyalurkan Tenaga Mesin

Transmisi CVT pada mobil ini tidak dapat memberikan tenaga mesin yang sesungguhnya. Pada kecepatan rendah : pedal memang sangat responsive. Namun pada kecepatan sedang (40 – 80 km/jam) : performa transmisi CVT terasa sangat lambat dan tidak memberikan performa yang baik, seperti pada Honda Mobilio yang manual. Terlebih dalam laju yang sangat cepat (mencapai 150 km/jam), CVT sudah tidak sanggup lagi apabila ada injakan kaki untuk memacu mobil lebih cepat lagi. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengambil varian manual pada Honda Mobilio, apabila pertimbangan membeli mobil adalah akselerasi.

3. Bantingan Suspensi Keras / Kurang Nyaman

Mobilio boleh berbangga karena punya mesin dengan performa terbaik di kelasnya. Namun untuk urusan bantingan suspensi, Mobilio bukan yang terbaik.

Honda membuat karakter suspensinya sedikit lebih keras dibanding kompetitornya. Efeknya memang stabilitas kendaraan saat melaju kencang menjadi lebih baik. Body roll pun dirasa cukup minim. Akan tetapi sebagai kendaraan keluarga yang berfungsi membawa banyak penumpang, seharusnya kenyamanan menjadi faktor utama.

Alasan paling logisnya mungkin dikarenakan ground clearance Mobilio yang hanya 189 mm, Honda sepertinya tak ingin suspensi yang terlalu empuk membuat ketinggian kendaraan ‘ambles’ saat diisi 7-penumpang.

Selain itu, jika Anda melewati jalan bergelombang atau tidak rata, anda harus membawa Mobilio secara perlahan, terlebih pada suspensi belakang. Berbeda pada Honda Freed yang punya suspensi yang nyaman.

Memang kelebihan Mobilio ada pada handling, sehingga kekurangan pada suspensi ini dapat terbayarkan.

  1. Kekedapan Kabin

Kekedapan kabin mobil-mobil di rentang harga Mobilio memang tidak istimewa. Namun standar NVH (Noise, Vibration, Harshness) mobil jenis ini mulai meninggi setelah Suzuki Ertiga datang. Kabin Ertiga yang senyap dan minim getaran, membuat para pesaingnya yang lebih dulu hadir menjadi ‘kelabakan’. Toyota mengeluarkan Grand New Avanza dengan kabin yang lebih hening dan minim getaran. Begitupun Nissan yang meremajakan Grand Livina dengan peningkatan kesenyapan kabin yang jauh lebih baik.

Tetapi Honda yang mendatangkan Mobilio setelah Ertiga seolah tak belajar dari pengalaman tersebut. Peredaman kabin Mobilio bukan yang terbaik di antara kompetitornya. Secara umum, peredaman kabinnya hanya cukup.

Apabila anda dalam kondisi kecepatan rendah, suara mesin mobil akan sangat tenang dan tidak terasa. Tetapi saat anda memacu mobil pada kecepatan di atas 80 km/ jam, maka kekedapan kabin tidak dirasakan kembali. Suara mesin, angin, dan artikulasi ban sangat mengganggu. Hal ini sama seperti pada Avanza keluaran pertama. Selain itu, suara di luar juga mengganggu, seperti bila orang mengobrol di luar dapat terdengar sampai ke dalam mobil. Hal ini disebabkan penggunaan plat bodi tipis dan hanya memakai satu lapis karet peredam saja.

  1. Belum Ada Defogger Kaca Belakang

Defogger memiliki fungsi yang penting pada mobil, terutama saat hujan. Fitur ini memberikan energi panas agar embun atau kabut yang menempel di kaca pudar dan tak menutupi pandangan. Pada kaca depan biasanya defogger memanfaatkan udara yang disalurkan melalui lubang ventilasi AC di bawah kaca depan. Sedangkan pada kaca belakang, biasanya menggunakan rangkaian kawat tipis sebagai pengantar energi listrik atau panas. Fitur ini dapat diaktifkan melalui tombol di dashboard.

Pada Mobilio tak dilengkapi alat ini. Memang sudah ada wiper yang menyapu air hujan atau menghapus embun yang menempel di kaca bagian luar. Tetapi bagaimana kalau Anda sedang berkendara sendiri di malam hari saat hujan dan kaca belakang mengembun di bagian dalam?

  1. Minim Lampu Indikator Interior

Kekurangan lain Mobilio, pada minimnya lampu indikator di dalam kabin. Contohnya, tombol power window atau tombol audio di setir, semuanya tidak dilengkapi lampu indikator. Jadi saat malam hari atau kondisi gelap, pengemudinya harus bergantung pada intuisi saat ingin mengoperasikan tombol-tombol. Juga pada indikator posisi gigi di tuas transmisi otomatisnya. Indikator posisi gigi hanya nampak di Multi Information Dislay (MID) dekat speedometer. Seharusnya huruf P, R, N, D pada tuas transmisi menyala di malam hari.

  1. Tidak Dilengkapi Filter Udara Kabin

Fitur ini memang tak terlihat karena letaknya tersembunyi. Filter kabin saringan udara yang biasanya dipasang pada blower AC di laci dashboard. Fungsinya, mencegah debu agar tidak masuk ke evaporator. Mobil yang tak dilengkapi filter kabin, akan membuat kotoran, bakteri dan lainnya banyak menempel di evaporator. Udara kotor yang diembuskan AC ke dalam kabin bisa menganggu kesehatan pengendara.

Selain itu, jika kotoran telah menumpuk, dapat mengakibatkan penyumbatan. Sirkulasi udara dingin terhambat. Biasanya udara yang disemburkan AC, kurang dingin meski volume AC disetel tinggi. Beban kerja mesin akan lebih berat karena AC bekerja maksimal dan tentunya konsumsi BBM akan lebih boros percuma.

Mobilio tidak dilengkapi filter kabin. Jadi pemilik Mobilio harus rajin-rajin membersihkan interior mobilnya kalau tak ingin sering-sering servis AC membersihkan evaporator. Honda menyediakan filter kabin, namun dibeli secara terpisah.

 

Demikianlah kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio. Anda dapat mempertimbangkannya kembali ketika hendak membeli mobil ini. Jika sesuai dengan keinginan Anda, jangan ragu untuk membelinya. Jika kurang sesuai, pilihlah mobil sejenisnya. Memang setiap mobil tentunya ada kekurangan dan kelebihannya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi tentang kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio, mobil keluarga sporty dengan harga terjangkau.

 

Sumber :

https://mobilmo.com/review-mobil/ulasan-tentang-kelebihan-dan-kekurangan-honda-mobilio-aid1021

https://www.oto.com/berita-mobil/6-kekurangan-honda-mobilio-21167862

showroommobil.co.id/info-mobil/kelebihan-dan-kekurangan-mobilio/