Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord 2019 serta Review Lengkap

 

Orklan.com –  Didahului peluncuran global 2017 silam dan region ASEAN di Thai Motor Expo 2018, PT Honda Prospect Motor akhirnya meluncurkan Honda Accord generasi ke-10 di Indonesia di GIIAS 2019. PT Honda Prospect Motor meluncurkan Honda Accord 2019 di GIIAS 2019, apa saja teknologi terkandung sehingga layak disebut yang  terbaik di kelasnya?

Untuk debutnya sendiri di pasar global, Honda Accord terbaru sudah tidak diragukan lagi dengan banyak peminat serta prestasi yang didapatkannya. Perkenalan yang telah dilakukan juga pihak Honda pada ajang bergengsi Thai Motor Expo 2018 di Bangkok, Thailand.

Mengusung tagline Drivevolution, Honda mengklaim Accord gen-10 sebagai yang tercanggih dan terbaik di kelasnya. Fitur andalannya adalah teknologi keselamatan pra-kecelakaan bernama Honda Sensing. Kehadiran Honda Accord 2019 dengan Honda Sensing-nya seakan meneruskan tradisi big sedan Honda ini sebagai pionir teknologi di kelasnya. Masih segar dalam ingatan bagaimana Honda Accord generasi I hadir dengan teknologi CVCC beremisi gas buang rendah. Ataupun teknologi PGM-FI hadir pada Accord generasi IV alias “Accord Maestro”.

Di Indonesia sendiri Honda Accord juga pionir kategori big sedan sejak 1978. Sudah sebanyak 8o ribu lebih unit laris dipinang konsumen. Akankah Honda Accord 2019 kembali menarik perhatian eksekutif mapan dan mengalahkan rival abadinya Toyota Camry ? Berikut informasi Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord 2019 beserta Review Lengkap, informasi mengenai seluk beluk dari mobil big sedan Honda tersebut.

 

Kelebihan Honda Accord 2019

Desain eksterior agresif bergaya fastback dan mempesona layaknya mobil coupe

Ruang kabin kini lebih lapang dan tampil lebih premium dan mutakhir

Performa mesin turbo 1.5L impresif di kelasnya

Fitur Honda Sensing menjanjikan keamanan lebih pemakainya

 

Kekurangan Honda Accord 2019

Bantingan Suspensi agak kaku

Tampilan baris kedua kurang mewah

Tak ada sunroof pada All New Accord

Harga sedikit lebih mahal di kelasnya

 

Review Lengkap Honda Accord 2019

EKSTERIOR Honda Accord 2019

Honda Accord 2019 punya wajah yang agresif dan sporty, dengan headlight LED pipih layaknya Honda Civic Turbo dan desain grille berkelir panel hitam dan chrome. Lekukan engine hood dibuat lebih tegas seakan mengisyaratkan mobil ini memiliki performa tinggi dan sedemikian rupa sehingga tampak membuat mobil ini lebih gahar.

Eksterior samping Honda Accord 2019 mengisyaratkan bentuk fastback, karena sekalipun ia masih three-box shape, tapi dari pilar C sampai taillight dibuat lebih kekar dengan kaca belakang dibuat melandai. Sehingga lebih tampak kesan menarik yang dimilikinya. Terdapat detil chrome yang hadir di area atap mobil serta lekukan di area sisi bawah mobil ini. Dimensi sendiri lebih panjang 55 mm, lebih lebar 12 mm dan lebih rendah 15 mm dibandingkan Accord generasi IX. Sementara, pelek yang dipakai adalah 18 x 8.0 inci, dibalut ban berukuran 245/45 ZR18

Eksterior belakang Honda Accord 2019 punya lekuk yang lebih sensual mengikuti garis bahu yang tercipta dari titik engine hood sampai ke taillight. Desain taillight Honda Accord 2019 memakai teknologi LED dengan format C-Shaped dan di bagian bumper bawah terdapat dual-outlet exhaust. Honda Accord Turbo 2019 tampak makin sporty berkat pemakaian 2 buah knalpot di bagian kanan dan kiri tersebut.

 

INTERIOR Honda Accord 2019

Desain interior Honda Accord 2019 memadukan kesan premium dan futuristik lewat pemakaian panel wood dan aksen leather pada dashboard. Dari sisi pengemudi akan dimanjakan oleh informasi instrument cluster dengan layar digital 7 inci, serta setir dengan tombol multifungsi dan paddle shift. Dengan adanya fitur ini pengemudi akan lebih dimudahkan dan memberikan kenyamanan pengendara dalam mengoperasikan fitur hiburan yang berada di dashboard mobil.

Sementara itu, pada bagian central cluster telah didesain menjadi lebih clean dengan diberikan tombol dual climate control dan juga Display Audio Touchscreen dengan ukuran 8 inci. Yang lebih menarik lagi adalah pada bagian transmisi yang telah tidak memakai tuas – sudah digantikan dengan tombol transmisi dan juga mode berkendara yang lokasinya berada di bagian konsol tengah dan dibuat dalam satu area. Dengan beragam fitur yang diberikan, diharapkan memberikan rasa nyaman bagi pengemudi ataupun penumpang bagian depan.

Pada bagian kursi mobil Honda Accord Turbo 2019 didesain buat 5 penumpang. Jok Honda Accord 2019 memakai material leather dengan pengaturan elektrik bagi jok depan. Bangku pengemudi dapat disetel 12 arah, termasuk 4-way lumbar support. Menariknya, jok belakang dibuat lebih landai demi mengakomodasi ruang headroom yang lebih baik akibat format atap melandai bergaya fastback. Selain itu, terdapat fitur Heated and Ventilated Seat yang diberikan pada semua jok mobil.

 

FITUR Honda Accord 2019

Untuk memberikan hiburan bagi pengendara Honda Accord 2019  terdapat Display Audio Touchscreen ukuran 8 inci dengan format yang cukup canggih. Fitur tersebut punya navigasi, Android Auto dan juga Apple CarPlay. Selain itu, agar perjalanan menjadi lebih nyaman fitur hiburan dihubungkan dengan paket audio terdiri atas 10 speaker plus subwoofer yang total output nya mencapai 450 watt. Tentunya hal tersebut akan memberikan kenyamanan selama berkendara perjalanan dekat ataupun jauh.

Juga tersedia Wireless Charger Console yang dilengkapi dengan USB Port di konsol depan. Honda Accord Turbo 2019 juga telah tidak memakai tuas transmisi lagi. Fungsinya telah digantikan dengan tombol transmisi P,R,N dan D. Honda Accord 2019 menawarkan dua mode berkendara, yaitu Econ dan Sport. Layar panel instrumen akan berubah menjadi lebih sporty ketika mode Sport diaktifkan, termasuk indikator turbo boost dan nuansa aksen merah. Tidak hanya itu saja, tombol lainnya yang terdapat pada mobil Honda Accord terbaru ini adalah untuk mengoperasikan Brake Hold dan juga Parking Brake.

Honda mengedepankan Honda Sensing buat  sistem keselamatan pada Honda Accord Turbo 2019. Honda Sensing meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS) terintegrasi dengan Forward Collision Warning (FCW), Road Departure Mitigation System (RDM) terintegrasi dengan Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC) terintegrasi dengan Low Speed Follow (LSF) dan Auto-High Beam. Dengan fitur baru tersebut akan makin memberikan rasa aman dan selamat sampai tujuan tanpa terjadi masalah apapun selama perjalanan.

 

OPERASI Honda Accord 2019

Mesin Honda Accord Turbo 2019 menggunakan unit 1.5 liter 4-silinder VTEC Turbo. Output yang dihasilkan oleh mesin ini berada di angka 190 ps dan torsi 260 Nm. Transmisi memakai CVT yang diklaim 11 persen lebih efisien dari generasi sebelumnya. Tersedia mode perpindahan gigi manual via paddle-shift buat sensasi berkendara lebih sporty.

 

Kemudian dalam kesempatan uji coba Honda Accord 2019 pada sesi Media Test Drive yang diselenggarakan PT Honda Prospect Motor di sela-sela perhelatan GIIAS 2019. Rute test drive adalah Karawang – Bandung melalui jalan tol Cipularang. Salah satu hal paling berkesan dari Honda Accord 2019 ialah dengan  keberadaan fitur Honda Sensing yang membuat pengendaraan menjadi jauh lebih rileks.

Melalui fitur Adaptive Cruise Control (ACC), CMBS (Collision Mitigation Brake System) dan LKAS (Line Keeping Assist System), beban perhatian pengemudi di jalan tol menjadi jauh berkurang. Honda Accord 2019 akan secara otomatis mengikuti mobil di depannya, termasuk menambah laju atau bahkan mengerem jika jarak menjadi terlalu dekat. Sistem juga akan memberikan peringatan secara audio dan visual agar pengemudi bereaksi.

Sementara LKAS akan menjaga agar mobil tetap pada lajurnya, menggunakan kamera yang memonitor marka jalan dan mengarahkan EPS (electronic power steering) mengembalikan mobil ke tengah lajur. Dan apabila pengemudi membelok tanpa menyalakan sein, maka kemudi akan seperti melawan dan terasa lebih berat.

Mesin 1.500 cc turbo terasa lebih dari cukup untuk mobil ini. Tersedia dua mode berkendara, yaitu Econ dan Sport. Pilih Sport untuk respons kemudi, mesin hingga perubahan mode Active Sound Control. Mobil Accord pun makin menyenangkan buat dikemudikan. Sedikit sayang, ayunan suspensi terasa agak kaku untuk mobil semewah ini.

Melalui teknologi Honda Sensing, PT Honda Prospect Motor berhasil menghadirkan big sedan tercanggih di kelasnya. Tentu akan lebih menarik jika kecanggihan ini diikuti kehadiran varian hybrid, seiring program elektrifikasi yang dicanangkan pemerintah Indonesia. Dengan desain atraktif, kenyamanan kabin, ditambah kecanggihan fitur, inilah big sedan sempurna bagi kaum eksekutif mapan yang tengah mencari partner berkendara. Semoga ulasan Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord 2019 beserta Review Lengkap ini dapat menjadi panduan Anda dalam pertimbangan membeli mobil Honda ini.

 

Sumber :

https://cintamobil.com/review-mobil/review-honda-accord-2019-sedan-tercanggih-di-kelasnya-aid768

https://www.oto.com/mobil-baru/honda/accord/faq/apa-kelebihan-dan-kekurangan-honda-accord

https://mobilmo.com/review-mobil/review-honda-accord-turbo-2019-mobil-mid-size-sedan-dengan-teknologi-honda-sensing-aid3801