JAKARTA, ORKLAN.com – Selain mobil-mobil MPV, ASEAN New Car Assesment Program (NCAP) sudah mengetes tabrak (Crash Test) mobil-mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang beredar di Indonesia. Mobil yang dites rata-rata merupakan mobil yang populer.ASEAN NCAP (New Car Assesment Program) telah mengeluarkan hasil uji tabrak untuk Proton X70. Lembaga pemeringkatan keselamatan ini memberikan Bintang 5 untuk Proton X70. Selain itu untuk Toyota C-HR, Honda CR-V 2.4, Toyota Rush varian G juga mendapat predikat Lima Bintang saat uji tabrak.

Uji tabrak ASEAN NCAP secara garis besar terbagi dalam 3 kategori, yaitu Adult Occupant Protection, Child Occupan Protection, dan Safety Assist. Untuk arah tabrakan dilakukan dari sisi depan dan samping.

Tidak seperti mobil-mobil Low MPV yang ada memberikan hasil yang jelek, rata-rata mobil SUV yang dijual di Indonesia sudah mendapatkan rating yang bagus dalam tes tabrak.

Berikut hasil crash test yang diadakan sejak 2017 lalu.

 

Mobil Perlindungan Skor Total
Orang Dewasa Anak Kecil
Proton X70 5 Bintang
Toyota C-HR 5 Bintang
Honda CR-V 2.4 5 Bintang
Toyota Rush varian G 5 Bintang
Suzuki SX4 S-Cross 5 Bintang 4 Bintang
Mitsubishi Pajero Sport 5 Bintang 4 Bintang
Honda HR-V 5 Bintang 4 Bintang
Honda BR-V varian E 5 Bintang 4 Bintang
Honda BR-V (tanpa electronic stability control) 4 Bintang 4 Bintang

 

Proton X70

SUV asal Malaysia, Proton X70 mendapatkan hasil terbaik dalam uji tabrak ASEAN NCAP. Untuk penumpang dewasa Proton X70 diberikan nilai 15,27 dari nilai maksimal 16. Pada tabrakan dari samping, Proton X70 mendapatkan nilai maksimal 16. Nilai maksimal juga diraih pada perlindungan kepala dengan nilai 4 yang merupakan skor tertinggi untuk bagian tersebut.

Kompartemen penumpang dari kendaraan tetap stabil di tabrakan depan. Data dari boneka percobaan menunjukkan kendaraan yang diuji sudah memberikan perlindungan bagus ke penumpang depan dan pengemudi. Sedangkan dada pengemudi, kaki bagian bawah dan pergelangan kaki mendapatkan perlindungan yang cukup.

Kinerja Head Protection Technology (HPT) telah dikonfirmasi dengan tes tambahan dengan skor yang ditentukan berdasarkan Fitment Sistem Pemeringkatan (FRS).

Perlindungan terhadap penumpang anak-anak juga mendapatkan nilai yang hampir sempurna. Dari total nilai terbaik 49, Proton X70 mampu menorehkan angka 40,78. Untuk nilai Safety Assist mendapatkan total skor 14 dari maksimal 18. Penilaian safety Assist meliputi Effective Braking & Avoidance, Seatbelt Reminder, Blind Spot Technology, dan Advance SATs.

Proton X70 adalah SUV pertama yang diproduksi oleh Proton dan yang terbaru dari modelnya yang menjalani pengujian ASEAN NCAP. X70 hadir dengan enam airbag sebagai standar. Proton melengkapi SUV ini dengan beberapa fitur aktif keselamatan sebagai standar seperti Electronic Stability Control dan Seatbelt Reminder System untuk penumpang di barisan bangku depan. Selain itu, X70 juga menawarkan Advanced Safety Assist Technologies. Dengan skor keseluruhan 89,24 poin, Proton X70 telah berhasil memperoleh 5 bintang dari ASEAN NCAP.

 

Toyota C-HR

ASEAN NCAP juga menguji ketangguhan Toyota C-HR dalam melindungi sopir dan penumpangnya. Mobil Toyota – Gabungan Coupe dan SUV ini, didatangkan secara utuh dari Thailand. Toyota C-HR yang sudah mendarat di Indonesia itu diuji tabrak oleh ASEAN NCAP.

Sama seperti Rush, Toyota C-HR meraih penilaian positif. Toyota C-HR diganjar lima bintang usai dites tabrak. Dengan total skor 91,31 poin, Toyota C-HR berhak diberikan rating lima bintang.

Untuk kategori perlindungan penghuni dewasa, C-HR meraih skor 49,72 poin dari skor penuh 50 poin. Mobil itu juga meraih skor 20,86 poin untuk perlindungan anak (dari skor penuh 25.00) dan penilaian untuk teknologi keselamatan 20.73 poin (dari total 25.00 poin).

Wajar, Toyota C-HR sudah memiliki tujuh airbag, anti-lock braking system (ABS), Electronic Stability Control (ESC), dan pengingat penggunaan sabuk pengaman. Mobil ini juga memiliki fitur keselamatan anak ISOFIX.

Selain itu, di Toyota C-HR sudah ada fitur Blind Spot Technology (BST) untuk memantau objek di area blind spot.

Saat diuji tabrak depan, kompartemen penumpang C-HR tetap stabil. Data dari dummy saat pengujian menunjukkan, kendaraan memberikan perlindungan yang baik untuk pengemudi maupun penumpang depan.

 

Honda CR-V

SUV andalan Honda ini rupanya memberikan hasil yang maksimal dalam uji tabrak. Mobil diberikan rating bintang 5. Dalam uji tabrak depan, mobil terbukti bisa melindungi baik pengendara dan penumpang dengan sempurna.

Dari data cedera yang diperoleh dari boneka crash test atau dummy, hanya kaki kiri pengendara saja yang kurang terlindungi. Sementara saat ditabrak dari samping, mobil memberikan perlindungan yang maksimal pada kepala, leher dan tubuh bagian atas.

CR-V yang dites merupakan varian 2.4 liter dengan airbag sebanyak 7 buah.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Honda CRV 2019 beserta Review Lengkap

 

Toyota Rush

Seperti halnya Honda CR-V, varian G Toyota Rush yang dites tabrak oleh ASEAN NCAP juga mendapatkan hasil yang gemilang. Mobil mendapatkan rating bintang 5. Kepala dan lutut pengendara mendapatkan perlindungan sempurna pada crash test. Meski ada kemungkinan si pengendara bisa mendapatkan cedera pada bagian dada dan kaki bagian bawah.

Sementara dari pembacaan data dummy untuk penumpang, mobil kurang memberikan perlindungan pada bagian dada dan kaki kanan bagian bawah.

Mobil bisa mendapatkan hasil sempurna karena memiliki 6 airbag, seat belt dengan pretensioner.

 

Suzuki SX4 S-Cross

Mobil Suzuki S-Cross yang dites merupakan model lama yang dites bulan Februari 2015. Jadi ASEAN NCAP masih memberikan 2 jenis rating untuk perlindungan orang dewasa dan anak-anak. Mobil memberikan hasil yang oke untuk perlindungan dewasa dengan rating 5 bintang, sementara untuk anak-anak mobil mendapatkan rating bintang 4.

 

Mitsubishi Pajero Sport

Mobil dites pada tahun 2016 lalu, dan memberikan hasil rating 5 bintang untuk perlindungan orang dewasa. Namun untuk perlindungan anak-anak mobil hanya mampu memberikan bintang 4.

Pajero Sport yang dites merupakan tipe yang dilengkapi Electronic Stability Control dan seat belt reminder untuk driver dan penumpang.

 

Honda HR-V

Honda HR-V juga memberikan hasil yang bagus pada crash test. Mobil mendapatkan rating 5 bintang untuk perlindungan orang dewasa dan bintang 4 untuk perlindungan anak-anak.

Honda HR-V yang dites merupakan tipe yang dilengkapi Electronic Stability Control dan seat belt reminder untuk driver dan penumpang.

Baca juga : Honda HRV, Kelebihan dan Kekurangan Honda HRV New Facelift 2018 beserta Review Lengkap

 

Honda BR-V

Sama seperti Honda HR-V, BR-V mendapatkan rating 5 bintang untuk perlindungan orang dewasa dan bintang 4 untuk perlindungan anak-anak. Mobil dites tabrak pada bulan Februari 2016 lalu. Varian yang dites adalah varian E. Namun ada juga tipe mobil yang mendapatkan rating bintang 4 untuk perlindungan dewasa karena tidak dilengkapi dengan fitur ESC.

 

Baca juga :

Kelebihan dan Kekurangan Honda BRV New Facelift 2019 beserta Review Lengkap

Sebelum Beli Mobil LCGC, Tinjau Dulu Uji Tabraknya

Tips Membeli Mobil Baru dengan Tepat & Deal Terbaik dari Dealer

Harga Mobil Honda Terbaru

 

Editor : Luga

Sumber :

https://oto.detik.com/mobil/d-4313451/uji-tabrak-asean-ncap-wuling-confero-diganjar-bintang-1

https://oto.detik.com/mobil/d-4022499/toyota-c-hr-juga-raih-lima-bintang-saat-uji-tabrak?_ga=2.8458364.897605748.1543038452-564795235.1543038451

https://oto.detik.com/mobil/d-4303127/adu-tabrak-mobil-suv-seperti-cr-v-rush-mana-yang-paling-oke