Tips Jualan di Shopee agar Laku Keras – Jualan di marketplace saat ini bisa menjadi langkah memperkenalkan produk usaha dengan jangkauan lebih luas. Salah satunya dengan cara berjualan di Shopee.

Hallo shopee seller, buat Anda yang jualan di shopee, berikut akan dibahas cara agar cepat laku di shopee. Setiap orang yang memasarkan dagangannya di shopee pasti ingin sekali produknya cepat laku. Di sini akan dijelaskan 17 Cara Lengkap nan Runtun yang bisa Anda lakukan agar jualan di shopee cepat laku keras.

Buat kamu yang berjualan di Shopee. Yuk, ikuti tips berikut ini agar daganganmu makin laris manis!

 

 

Cara agar Cepat Laku di Shopee

1. Pasang Foto Produk yang Bagus

Sebelum memajang dagangan di Shopee, pastikan kualitas foto dari produk yang akan dijual cukup bagus. Foto merupakan hal pertama yang akan dilihat calon pembeli, jadi jangan asal memasang foto. Foto produk yang terlihat bagus akan menarik pembeli. Pertimbangkan tentang pencahayaan, dan resolusi foto. Jika perlu, gunakan jasa fotografer profesional untuk memotret barang daganganmu.

 

2. Optimasi Toko Shopee

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan optimasi toko shopee.

Apanya yang di optimasi mas?

Mulai dari

Melengkapi profil toko

Memilih nama toko yang mudah di ingat dan di cari

Membuat profil dan banner toko sebagus mungkin

Memberikan frame khusus pada produk yang di upload

Mengikuti program gratis ongkir

Melakukan up produk secara berkala

Nah, itulah yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi toko shopee Anda. Tapi ingat, mengoptimasi toko belumlah cukup. Karena cara agar cepat laku di shopee yang dijelaskan ini saling berkaitan antara setiap poinnya. Kita lanjut ke cara berikut.

 

3. Berikan Deskripsi Produk dengan Jelas

Tips selanjutnya, Kamu harus menjelaskan detail barang dagangan di kolom deskripsi sejelas-jelasnya. Deskripsi produk ini memungkinkan pembeli untuk mengetahui kualitas produk tanpa bertanya ini-itu. Buatlah deskripsi produk dengan poin-poin agar enak dibaca dan mudah dipahami calon pembeli.

 

4. Gunakan Keyword di Judul dan Deskripsi Produk

Selanjutnya adalah menggunakan keyword di judul dan deskripsi saat upload produk.

Jadi misalkan Anda jualan kaos polos. Anda harus tahu keyword atau kata kunci apa saja yang sering orang cari tentang kaos polos saat berbelanja di shopee.

Caranya adalah…

  1. Silahkan masuk ke shopee seller center.

Kemudian di bagaian promosi saya, Anda masuk ke iklan shopee kemudian pilih produk (asal saja) nanti akan muncul tambah kata pencarian.

 

  1. Di kolom masukkan kata pencarian Anda. Masukkan kaos polos, kemudian klik kaca pembesar.

Setelah itu akan muncul banyak rekomendasi kata kunci yang berhubungan dengan kaos polos seperti

kaos polos murah

kaos polos pria

kaos polos wanita

baju kaos polos

kaos polos cotton combed 30s

kaos polos katun

dan lainnya

Anda bisa memasukkan kata kunci yang muncul sebagai judul produk Anda. Harapannya ketika pembeli di shopee ingin mencari kaos polos dan dia mengetikkan kaos polos pria di pencarian, maka produk Anda bisa muncul di pencarian dan bisa dengan mudah di temukan calon pembeli.

Semakin mudah produk Anda di temukan pembeli, maka akan semakin cepat laku. Selain memasukkan kata kunci di judul, Anda juga bisa memasukkan kata kunci di deskripsi produk.

 

5. Pasang Harga Barang yang Kompetitif

Pastikan harga barang dagangan yang akan dijual sudah kompetitif sehingga bisa bersaing dengan penjual lainnya. Lakukan riset pasar sebelum menentukan harga jual, jangan sampai kemahalan atau terlalu murah.

 

6. Perbanyak Variasi Produk

Variasi produk dalam hal ini seperti warna dan ukuran. Sehingga semakin membuka peluang calon pembeli yang akan membeli di toko kamu nanti.

 

7. Manfaatkan Fitur “Produk Pilihan Toko”

Produk Pilihan Toko adalah fitur yang dikembangkan Shopee sejak tahun 2018.

Di sini, seller atau penjual bisa membuat koleksi produk yang terdiri dari empat sampai delapan produk. Dengan begitu, pembeli bisa lebih mudah mencari barang yang diinginkan sesuai kategori.

Berikut ini cara aktivasi fitur Produk Pilihan Toko.

Langkah 1: Log in ke Seller Center, kemudian pilih Promosiku.

Langkah 2: Pilih Produk Pilihan Toko

Langkah 3: Pilih Tambah Koleksi

Langkah 4: Isi Nama Koleksi dan klik lambang “+” untuk tambah produk

Langkah 5: Setelah memilih 4-8 produk yang diinginkan, pilih Konfirmasi

Langkah 6: Periksa lagi dan klik Simpan

Langkah 7: Pilih Aktifkan Sekarang

 

8. Aktifkan fitur Gratis Ongkir

Memanfaatkan fitur ini terbukti efektif mendatangkan banyak pembeli. Pasalnya, dengan adanya gratis ongkir konsumen tidak akan merasa terbebani lagi ketika berbelanja.

Menariknya lagi, fitur ini baru bisa didapatkan oleh pembeli dengan syarat minimal pembelian tertentu.

Jadi selain konsumen yang diuntungkan, kita penjual pun juga akan mendapatkan keuntungan karena omset penjualan semakin meningkat.

Berikut ini cara aktivasi fitur Gratis Ongkir untuk melariskan kamu berjualan di Shopee.

Langkah 1: Pilih Gratis Ongkir Xtra pada halaman beranda aplikasi

Langkah 2: Pilih Semua Gratis Ongkir dan klik Daftar Sekarang

Langkah 3: Ikuti langkah-langkah isi daftar diri yang muncul pada layar

Langkah 4: Centang kolom Syarat dan pilih Kirimkan

 

9. Gunakan Fitur “Promo Toko”

Fitur “Promo Toko” ibarat magnet yang dapat menarik pembeli.  Tidak dipungkiri, pembeli akan lebih memilih produk  dengan tag diskon atau harga yang dicoret. Sebagai penjual, kamu bisa mengatur periode promo, nilai diskon yang diinginkan.

 

10. Buatlah “Voucher Toko Saya”

Selain menggunakan fitur promo toko, Kamu juga dapat memberikan promo dalam bentuk voucher menarik. Voucher Toko sangat memungkinkan untuk membuat pembeli berbelanja lebih banyak lagi.  Kamu cukup memakai fitur “Voucherku” yang ada di bagian “Promosiku”. Buatlah “Voucher Baru” serta melengkapai beberapa informasi yang dibutuhkan.  Kamu pun dapat mengatur masa berlaku voucher tersebut maksimal tiga bulan.

 

11. Aktifkan Fitur “Paket Diskon”

Agar jualan cepat laku, selain memberi promo harga miring dan voucher, Kamu harus membuat inovasi diskon lainnya. Caranya, aktifkan fitur promo “paket diskon” untuk produk tersebut. Fitur ini memberi kesempatan pembeli untuk mendapat diskon dengan pembelian paket, misalnya “beli 2 diskon Rp.10.000”. Bentuk promosi seperti ini dapat meningkatkan jumlah penjualan.

 

12. Perbanyak Followers

Shopee juga menerapkan fitur follower. Setiap kita mempublikasikan sebuah produk maka follower akan mendapatkan notifikasi. Makin banyak followers, makin banyak orang tahu notifikasi yang kita publikasikan.

 

13. Kejar Label Star Seller Shopee

Status Star Seller tentunya bisa membawa banyak keuntungan terhadap cara toko online kamu berjualan di Shopee.

Dengan memiliki label tersebut, pembeli akan lebih percaya dengan kualitas dan kredibilitas dari produk yang dijual di toko kamu.

Cara untuk bisa mendapatkan label Star Seller dengan melengkapi syarat berikut :

Data diri lengkap dan telah melakukan verifikasi KTP.

Persentase chat dibalas 100%. Artinya, kamu harus rajin buka fitur Live Chat Shopee.

Memiliki rating sekurangnya 4,5 bintang.

Penjualan mencapai 100 pesanan dalam sebulan.

Melayani 25 pembeli yang berbeda dalam sebulan.

Tidak memiliki poin pinalti dan kejanggalan pada aktivitas akun Shopee.

 

14. Ikuti Program Khusus / Flash Sale

Salah satu program khusus yang kerap diadakan Shopee adalah Flash Sale.

Flash sale merupakan penjualan cepat yang muncul di beranda Shopee. Memanfaatkan fitur ini memungkinkan jualanmu laku lebih cepat. Kamu pun dapat menarik pengunjung untuk melihat toko online-mu. Sebelum bergabung dengan flash sale, pastikan jumlah stok barang lebih dari cukup. Selain itu, harga dan persentase diskon telah terverifikasi oleh pihak Shopee.

Cara untuk bisa mengikuti program ini adalah dengan menjual produk-produk yang termasuk hot list, harga produk lebih murah daripada kompetitor, foto yang digunakan berkualitas, dan performa toko di atas rata-rata.

Jika telah memenuhi syarat tersebut, maka kesempatan kita untuk mengikuti Flash Sale akan semakin besar. Ini menjadi cara rahasia berjualan untuk melariskan dagangan kita di Shopee.

 

15. Share Link Toko ke Sosial Media

Agar jualan Anda cepat laku di shopee adalah juga dengan melakukan share link toko shopee Anda ke berbagai sosial media.

Ada banyak sosial media yang bisa Anda share link toko shopee. Sebaiknya gunakan media sosial yang populer seperti :

Facebook

Instagram

Tiktok

Twitter

dan lainnya

Misalnya di bagian BIO pada instagram, Anda bisa memasukkan link toko shopee Anda. Dengan begitu setiap orang yang berkunjung ke profil instagram Anda bisa dengan mudah masuk ke toko shopee Anda.

 

16. Promosi ke Sosial Media

Share link toko ke sosmed belumlah cukup. Agar lebih cepat laku lagi Anda bisa melakukan promosi ke sosial media.

Misal Anda jualan kaos polos. Anda bisa buat konten di tiktok misalnya. Kemudian di konten tersebut Anda bisa arahkan audience untuk berbelanja ke toko shopee.

Dengan begitu, orang yang membeli produk di toko Anda tidak hanya dari shopee itu sendiri tapi juga datang dari sosial media.

 

17. Beriklan di Shopee

Jika memiliki modal yang cukup, maka cara agar cepat laku di shopee yang paling direkomendasikan adalah dengan beriklan di shopee.

Memang fitur ini berbayar, tapi jika biaya iklan yang di keluarkan lebih sedikit dari profit yang Anda terima, kenapa tidak?

Dengan beriklan produk Anda bisa dilihat banyak orang, dan muncul di urutan paling atas dari kata kunci yang Anda targetkan.

Bila Anda ingin menggunakan fitur iklan shopee sebaiknya pelajari benar-benar caranya agar tidak terjadi boncos di mana biaya iklan lebih besar dari keuntungan produk.

Anda bisa belajar bagaimana cara beriklan di shopee yang benar melalui Kelas Shopee Full.

 

Kesimpulan

Itulah 17 cara agar cepat laku di shopee yang bisa Anda terapkan. Jika yang terjadi adalah, Anda sudah mencoba hal di atas tapi jualan di shopee tak kunjung cepat laku keras juga.

Pertanda artinya saat buat Anda join di Kelas Shopee.

Di Kelas Shopee Full ini Anda akan di bimbing dari 0 sampai bisa dapet orderan setiap hari di shopee.