Cara Jadi Penjual di Shopee

Bagaimana sih cara buka toko di Shopee lewat HP ? Tidak sedikit orang yang bingung bagaimana cara buka toko di Shopee lewat HP. Cara jadi penjual di Shopee dan berhasil.

Mudah, Inilah Langkah-langkah untuk Menjadi Seller di Shopee. Mulai dari persiapan produk jualan, membuat akun di shopee, melengkapi profil toko, upload produk sehingga kamu siap berjualan di shopee. Kamu bisa buka toko di Shopee tanpa modal. Bisa lewat HP atau lewat PC.

Ingin mulai berbisnis online atau mengembangkan bisnis offline agar bisa menjangkau pelanggan lebih luas ? Jika iya, berjualan online di platform seperti Shopee tentu bisa menjadi pilihan.

Pasalnya, Shopee kini menjadi platform marketplace dengan pengguna aktif terbanyak di Indonesia. Karena itu, tentunya dengan berjualan di Shopee Anda memiliki kesempatan untuk menjangkau banyak pembeli yang merupakan pengguna aktif di platform marketplace tersebut.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Shopee adalah ecommerce yang menjadi salah satu wadah efektif untuk berjualan. Kamu yang ingin memulai usaha berjualan online pasti ingin memahaminya dengan tepat.

Melalui panduan cara daftar Shopee sebagai penjual tanpa modal ini, kamu bisa langsung buka toko online. Mulai dari membuat akun, mengoptimasi toko, sehingga kamu bisa segera berjualan online. Supaya barang cepat laku. Simak persiapan produk jualan, cara buka toko di Shopee lewat HP, cara jadi penjual di Shopee sehingga laris jualannya berikut ini.

 

 

Tentukan Ingin Menjual Produk Sendiri, Jadi Reseller, atau Dropship?

Ada baiknya sebelum membuka toko, kamu menentukan dulu jenis barang yang akan dijual. Apakah kamu akan menjual produk sendiri, menjadi reseller dari supplier besar, atau justru memutuskan untuk jadi dropshipper? Masing-masing kategori itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Simak penuturannya di bawah ini sebelum mengetahui cara berjualan di shopee tanpa modal. Cara jadi penjual di Shopee yang mudah dan menghasilkan. Yukk kita mulai.

  1. Menjual produk sendiri

Bila memiliki produk sendiri, tentunya kamu sudah tahu kelebihan barang jualan sendiri dibanding produk pesaing atau yang membedakannya dengan produk mereka. Tentunya sudah memiliki bagian produksi bisa beroperasi dan siap diandalkan. Mungkin sebelumnya kamu pernah berjualan secara offline atau malah langsung berjualan dengan sistem online.

Berbagai kelebihan dari menjual produk sendiri yakni stok barang mudah dikelola, kualitas produksi bisa dikendalikan, dan bisa menjaring reseller dan dropshipper untuk membantu penjualan.

Hanya saja kekurangannya, butuh tenaga dan modal untuk meracik produk, meriset pasar, menguatkan brand lewat kegiatan pemasaran, sampai resiko kerugian bila barang yang dijual tidak balik modal.

 

  1. Menjadi reseller

Reseller bisa diartikan sebagai menjual produk milik orang lain. Misalnya, produk dari supplier besar yang sudah punya pasar dan reputasi baik di mata pelanggan. Tugas kamu tinggal menjual produk kembali dengan syarat membeli terlebih dahulu produk mereka sejumlah minimum order.

Nantinya kamu akan mendapatkan potongan harga reseller lalu menjualnya dengan mark-up tertentu, sesuai kesepakatan dengan supplier. Kelebihannya, kamu tidak perlu membangun brand dari nol, stok mudah dikelola, mark-up harga biasanya lebih besar. Kekurangannya, modal yang dikeluarkan untuk membeli produk minimum order cukup besar.

 

  1. Jadi dropshipper

Ingin mencoba cara jualan di shopee tanpa stok barang? Kamu bisa mencoba dropshipper alias menjual produk supplier tanpa harus stok terlebih dulu. Kamu tinggal mencari pelanggan yang siap order, lalu mengirim data pesanan ke supplier. Selanjutnya, kamu bisa dapat komisi penjual di Shopee dengan cara ini.

Kelebihannya, kamu bisa jualan di Shopee tanpa stok barang dengan cara ini. Cukup dengan memasarkan secara giat. Kekurangannya, kamu tidak bisa mengelola stok sendiri, kualitas gambar produk bergantung pada supplier, dan keuntungannya tidak sebesar reseller.

Artikel Terkait : Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee

 

Bila sudah mengetahui jenis barang yang akan dijual, kamu bisa memilih yang sesuai dengan kondisi modal dan karakter kamu. Selanjutnya, bisa lanjut ke cara buka toko di Shopee lewat HP.

Untuk Anda yang ingin berjualan atau menjadi Seller di Shopee, berikut beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan. Cara jadi penjual di Shopee dimulai dengan memiliki akun di marketplace tersebut.

 

Daftar Akun Shopee

Buka situs Shopee (untuk pengguna desktop/laptop) atau aplikasi Shopee (untuk pengguna smartphone)

Buat akun baru dengan klik ‘Daftar’, dan lakukan verifikasi nomor handphone dan email. No hp dan email tidak terdaftar di Shopee sebelumnya

Selanjutnya, cek SMS lalu masukkan kode verifikasi di kolom yang tersedia. Tap Lanjut

Kamu bisa masukkan username (sesuai brand toko) dan password. Konfirmasi password di bawahnya lalu tap Lanjut

Selesai

 

Lengkapi Profil Toko

Setelah memiliki akun di Shopee, langkah selanjutnya yakni melengkapi profil toko, supaya calon pembeli bisa melihat informasi beserta deskripsi toko secara jelas.

Nama toko: lengkapi nama toko sesuai dengan brand yang diinginkan. Gunakan nama yang mudah diingat serta memiliki ciri khas di telinga pendengar

Deskripsi toko: jabarkan toko dengan kata-kata yang mudah dicerna. Mulai dari produk yang dijual, jam buka toko, pilihan pengiriman, sampai voucher yang kamu berikan

Gambar deskripsi toko: kasih gambar yang menjelaskan brand kamu. Bisa berupa program promo dan voucher yang diadakan.

 

Cara Melengkapi Profil Melalui Aplikasi

Pertama, buka Aplikasi Shopee melalui smartphone

Pilih Saya lalu Toko Saya

Selanjutnya, pilih Asisten Penjual > Profil Toko > kemudian lengkapi Nama Toko > Deskripsi Gambar > Deskripsi

Klik icon Centang di pojok kanan atas menu

 

Cara Melengkapi Profil Melalui Seller Centre

Buka Seller Centre (seller.shopee.co.id), pilih Profil Toko > lengkapi Nama Toko > Deskripsi Gambar > Deskripsi

setelah itu klik Simpan

Pilih nama toko yang khas dan mudah diingat

Masukkan deskripsi gambar. Upload sampai 5 foto dan video untuk memberikan toko kamu identitas brand yang kuat

Buat deskripsi toko dengan penjelasan yang singkat dan ringkas untuk menarik pembeli mengunjungi toko. Kamu bisa menambahkan berbagai informasi seperti riwayat toko, tipe produk atau waktu membalas chat.

 

Tentukan Jasa Kirim

Tahap selanjutnya dari cara jadi penjual di shopee yaitu pilih jasa kirim yang ingin Anda gunakan ketika ingin mengirim produk yang toko Anda jual ke pembeli.

Pilihan jasa kirim yang bisa dipilih seperti JNE (YES, REG dan OKE), J&T Express, Pos Indonesia, Grab (same day), dan GoSend (same day).

Sebagai informasi, setiap mengaktifkan jasa kirim baru di level toko, jangan lupa untuk mengaktifkan juga di level produk.

 

Cara Memilih Jasa Kirim Level Toko

Via Seller Center: Pergi ke Seller Centre (seller.shopee.co.id), dan pilih ‘Jasa Kirim Saya’. Setelah itu, pilih Jasa Kirim yang ingin diaktifkan atau dinonaktifkan.

Via Aplikasi Shopee: Buka Aplikasi Shopee di handphone Anda, pilih ‘Saya’ lalu ‘Toko Saya’. Kemudian, pilih ‘Jasa Kirim Saya’ untuk memilih jasa kirim yang ingin diaktifkan atau dinonaktifkan pada level toko.

 

Cara Memilih Jasa Kirim Level Produk

Via Seller Center: Pergi ke Seller Centre (seller.shopee.co.id) dan klik ‘Produk Saya’. Pilih Produk yang ingin diatur Jasa Kirimnya. Pilih ‘Ubah’ dan Pilih ‘Pengiriman’. Lalu Anda bisa memilih Jasa Kirim yang ingin diaktifkan atau dinonaktifkan.

Via Aplikasi Shopee: Buka Aplikasi Shopee di handphone Anda, pilih ‘Saya’ lalu ‘Toko Saya’. Pilih ‘Asisten Penjual’ > ‘Produk Saya’ > kemudian pilih produk yang ingin diatur Jasa Kirimnya, dan Klik ‘Ubah Produk’ > ‘Ongkos Kirim’ setelah itu pilih Jasa Kirim yang ingin diaktifkan. Dalam Aplikasi akan terlihat Jasa Kirim yang diaktifkan dan dinonaktifkan pada produk. Pilih Jasa Kirim yang ingin diaktifkan/dinonaktifkan. Setelah itu klik ‘Simpan’.

 

Tambahkan Rekening Bank

Langkah selanjutnya yaitu memasukkan nomor rekening. Nantinya, nomor rekening ini berguna untuk pencairan dana penjualan.

Berikut caranya:

Pilih ‘Rekening Bank’ di Seller Center (seller.shopee.co.id), atau ‘Pengaturan Saldo Penjual’ lewat Aplikasi Shopee;

Klik ‘Tambah Rekening Bank’ atau ‘Rekening Bank’ untuk menambahkan data rekening tabungan di Toko Shopee.

 

Upload Produk

Setelah melengkapi data profil toko hingga memasukkan rekening bank, kini Anda sudah bisa mulai berjualan. Silakan upload produk yang dijual dengan mengikuti beberapa langkah ini:

Buka aplikasi Shopee atau Seller Center (seller.shopee.co.id)

Tap Saya > Mulai Jual

Klik Tambah Produk Baru

Lengkapi Informasi Penjualan dengan deskripsi produk yang lengkap dan sesuai, serta Informasi Pengiriman. Informasi produk seperti nama produk, deskripsi produk, kategori produk, harga produk, stok produk (dalam Pcs), variasi produk (Warna, Ukuran, dll.), berat produk (dalam Kg), kondisi produk (Baru/Bekas), jasa kirim yang Anda gunakan (JNE, J&T, dll), sampai rekening bank.

Pastikan Produk yang diupload tidak termasuk barang yang dilarang oleh Shopee.

Klik ‘Simpan & Tampilkan’ untuk menampilkan produk Anda di Toko. Selesai.

Artikel terkait : Cara Masukin Dagangan ke Shopee

 

Pertanyaan Umum Seputar Cara Buka Toko di Shopee

Jika masih ada yang belum jelas, kamu bisa cek daftar pertanyaan umum seputar cara buka toko di Shopee berikut ini.

Apakah harus bayar untuk buka toko di Shopee?

Bila membaca uraian cara buka toko di Shopee lewat HP di atas, tentu kamu tahu bahwa membuka toko di marketplace ini gratis. Kamu cukup melakukan registrasi lalu bisa membuat toko. Ikuti saja cara buka toko di Shopee di atas. Cara jadi penjual di Shopee tersebut.

 

Bisakah punya 2 toko atau lebih di Shopee?

Setiap akun hanya bisa membuat 1 toko, sementara setiap pengguna maksimal bisa memiliki 5 akun, menggunakan handphone/komputer atau rekening bank yang sama. Ketentuannya 1 KTP/KITAS bisa digunakan oleh 5 akun berbeda untuk mendaftar program Gratis Ongkir Shopee. Jika pengguna ingin memiliki lebih dari 5 toko, toko ke-6 dan seterusnya akan dibatasi secara bertahap mulai dari toko dengan jumlah penjualan terendah.

 

Apakah berjualan di Shopee bisa menguntungkan?

Karena merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia, maka menjual barang di Shopee bisa menguntungkan karena memiliki jutaan pembeli, selain juga penjual. Untung atau ruginya penjualan tergantung bagaimana si penjual mengelola dagangannya. Selain itu berjualan di Shopee juga gratis sehingga penjual tidak perlu mengeluarkan uang terkait dengan cara buka toko di shopee, cara jadi penjual di shopee dan penelusuran produk yang dijual.

 

Cara Mengubah Akun Shopee Menjadi Penjual

Bila mulanya hanya menjadi pembeli lalu ingin jualan di Shopee, kamu tidak perlu membuat akun baru. Terlebih bila sudah melakukan verifikasi KTP karena satu KTP hanya untuk satu akun Shopee. Kamu hanya perlu merubah nama kamu dengan nama toko yang akan digunakan di Shopee. Selanjutnya, tinggal upload produk yang mau dijual baik lewat aplikasi maupun via seller center di website shopee. Sudah tahu kan cara daftar Shopee sebagai penjual? Cara Jadi Penjual di Shopee.

 

Cara Mengganti Username dan Nama Toko di Shopee

Username dan nama toko amat penting untuk branding di sosial media. Bila sudah terlanjur menggunakan username dan nama toko yang kurang bagus, kamu berkesempatan untuk mengubahnya. Ketahui langkahnya di bawah ini:

Cara Mengganti Username di Shopee

Perubahan username hanya bisa dilakukan 1x, khususnya bagi pengguna baru yang belum mengetahui hal ini. Cara mengganti username Shopee bisa dilakukan melalui aplikasi. Berikut caranya:

Buka aplikasi Shopee

Klik Saya

Pilih Pengaturan Akun

Pilih Profil Saya

Klik Username

Selanjutnya, akan muncul notifikasi pop-up: “Anda dapat mengubah username Anda hanya sebanyak satu kali. Mohon diperhatikan bahwa username inilah yang akan diperlihatkan kepada para Penjual atau calon Pembeli” > Klik Lanjut

Silakan ubah username > Klik Simpan

Bila tidak bisa mengubah username dengan cara di atas, kemungkinan akun kamu sudah mencapai batas perubahan ataupun tidak memenuhi syarat untuk perubahan username.

Catatan: Username terbaru tidak bisa menggunakan merek dagang/brand dan spasi misalnya Nike, Toko Saya. Gunakan “_” sebagai pemisah atau pengganti spasi.

 

Cara Mengganti Nama Toko di Shopee

Selain username, nama toko di Shopee juga bisa dirubah. Kamu hanya bisa mengubah nama toko sebanyak 1x dalam 30 hari. Ikuti langkah berikut.

 

Cara Mengganti Nama Toko di Shopee via Aplikasi

Buka aplikasi Shopee di smartphone

Pilih Saya > Toko Saya

Klik Asisten Penjual

Pilih Profil Toko > Nama Toko

Masukkan nama toko yang sesuai

Klik icon centang/ceklis

 

Cara Mengganti Nama Toko di Shopee via Seller Centre

Pilih Pengaturan Toko

Klik Profil Toko

Pilih Nama Toko > masukkan nama toko yang sesuai

Pilih Simpan

 

Catatan:

Kamu hanya bisa mengubah nama toko sebanyak 1x dalam 30 hari

Bila ingin mengubah nama toko lebih dari 1x dalam 30 hari, kamu bisa menghubungi Customer Service Shopee untuk membantu mengubah nama toko

Perubahan username dan nama toko akan ditinjau terlebih dahulu oleh tim Shopee. Jadi kamu perlu menunggu maksimal 2×24 jam setelah proses pengajuan.

 

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula agar Laris Manis

Bagaimana, sudah tahu kan cara buka toko di Shopee ? Itu dia langkah-langkah yang bisa diikuti untuk Anda yang ingin menjadi Seller di Shopee. Cara Jadi Penjual di Shopee. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Oh ya, Anda bisa juga melakukan promosi maupun menggunakan fitur dari shopee untuk membantu segera mendapatkan pesanan pertama.

Baca juga : Cara Jualan di Shopee untuk Pemula agar Laris Manis