Cara Jualan di Shopee

Salah satu cara untuk menambah penghasilan di tengah pandemi virus corona adalah dengan berjualan online. Misalnya, dengan membuka lapak di Shopee. Cara buka toko di Shopee pun mudah. Berjualan di Shopee bisa Anda lakukan melalui handphone ataupun laptop dan komputer.  Tentunya ini sangat praktis, sehingga berjualan di Shopee bisa jadi peluang usaha mahasiswa, karyawan, bahkan juga cocok sebagai usaha untuk ibu rumah tangga.

Shopee adalah marketplace no 1 yang paling banyak di kunjungi di Indonesia. Dengan banyaknya pengunjung di shopee kita bisa membuka lapak jualan kita. Tapi banyaknya persaingan di shopee membuat Anda harus memahami cara jualan yang benar, agar produk yang Anda jual bisa laris manis. Lalu pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara jualan di Shopee?

Lalu, Apakah sudah punya produk untuk dijual ?

Apabila belum mempunyai produk, Anda dapat dengan jalan sebagai Dropshipper. Tanpa perlu stok barang, Anda sudah dapat berjualan.

 

Cara Jualan di Shopee Sebagai Dropshipper

Apabila Anda sudah memiliki produk yang akan di jual maka bagian cara jualan di shopee sebagai dropshipper ini bisa dilewati. Namun, jika Anda masih belum memiliki produk, sebaiknya bagian ini dipelajari.

Saat Anda menjadi dropshipper poin nya adalah pintar-pintar untuk mencari produk yang laris dan supplier yang siap mensupport kebutuhan dropshipper.

Terlebih lagi sekarang untuk sistem pengiriman di shopee sudah menggunakan resi otomatis. Jadi ketika Anda sebagai dropshipper sudah dapet orderan di shopee, maka harus mengirim no resinya juga ke supplier agar dapat di kirim ke alamat tujuan dan proses orderpun berlanjut.

 

10 Kategori Produk Terlaris di Shopee

Sangat penting untuk mengetahui kategori produk terlaris di shopee. Kenapa?

Sebagai dropshipper akan lebih menguntungkan jika Anda menjual produk yang memang sudah terbukti laris. Dengan begitu proses untuk mendapatkan pembeli jadi lebih mudah.

Menurut data dari Asosiasi Digital Marketing Indonesia bahwa ada 10 kategori produk yang paling laris di shopee. https://digimind.id/10-kategori-produk-terlaris-shopee/

Kecantikan

Perlengkapan rumah

Fashion muslim

Pakaian wanita

Handphone dan aksesoris

Kesehatan

Tas wanita

Ibu & bayi

Elektronik

Pakaian pria

 

Dari data di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa jika ingin mencari atau menjual produk di shopee sebaiknya tidak jauh-jauh dari kategori di atas.

Sekarang Anda sudah tahu kategori produk yang paling laris di shopee. Tugas selanjutnya adalah mencari produknya. Setelah memilih produk yang akan Anda jual di shopee, selanjutnya adalah mencari supplier tangan pertama di shopee.

 

 

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee

Ketik kategori atau nama produk di kolom pencarian shopee. Misalnya saya akan mencari supplier untuk produk jilbab. Sesuai kategroi terlaris di atas, jilbab masuk kategori fashion muslim dan juga pakaian wanita.

Setelah itu akan muncul berbagai toko yang menjual jilbab dari berbagai daerah. Jika Anda ingin mencari supplier untuk area tertentu silahkan ganti di menu filter yang ada di sebelah kiri.

Ada beberapa syarat ketentuan yang saya gunakan dalam mencari supplier tangan pertama di shopee. Syarat ketentuan ini dipelajari dari Kelas Shopee.

  1. Beli Produknya

Untuk mengetahui apakah bahan yang dijual bagus atau tidak, adalah dengan membeli produknya.

Dengan membeli produk ada beberapa informasi yang didapatkan yaitu :

Seberapa cepat dia memproses pesanan

Seberapa cepat dia membalas chat

Seperti apa bentuk packing dari produknya

Dan tentu saja Anda akan mengetahui kualitas produknya

  1. Persentase Chat di Balas

Pastikan persentase chat di balas di atas 90%. Karena kalau presentase chat di balasnya rendah, akan menyulitkan kita sebagai dropshipper jika ada yang ingin di tanyakan.

  1. Lama Bergabung

Berapa lama ia bergabung di shopee? Disarankan untuk mencari supplier yang sudah bergabung minimal 2 tahun. Artinya ia sudah paham bagaimana mengelola orderan yang baik di shopee. Tapi ini bukan berarti yang baru gabung 1 tahun itu tidak baik ya.

  1. Penilaian produk

Untuk penilaian produk saran saya minimal 4.7, ini untuk memastikan bahwa orang yang sudah belanja di tokonya itu puas dan tidak banyak yang komplain.

Seperti itulah cara mencari supplier tangan pertama di shopee.

Apabila tidak ingin repot mencari supplier tangan pertama yang berkualitas, Anda bisa join di Kelas Shopee. Karena di Kelas Shopee sudah disediakan supplier tangan pertama yang berkualitas.

Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula

Berikut kita bahas dari cara membuka toko di shopee, riset kata kunci untuk menentukan pembuatan nama produk dengan tepat / gampang ditemukan pembeli. Kemudian upload produk ke toko Anda di Shopee. Dan tentunya cara berjualan di shopee untuk pemula agar laris manis.

 

Cara Buka Toko di Shopee

Akses situs Shopee di seller.shopee.co.id atau unduh aplikasi Shopee di Play Store / App Store

Klik “Daftar”

Masukkan nomor telepon, kode captcha, dan kode verifikasi lalu klik “Daftar”.

Anda harus menambahkan serta melakukan verifikasi nomor handphone dan e-mail.

 

Lengkapi Profil Toko

Melengkapi profil toko bisa Anda lakukan melalui aplikasi maupun Seller Centre.

 

Berikut cara melengkapi profil melalui aplikasi:

Buka Aplikasi Shopee di handphone Anda.

Pilih “Saya” lalu “Toko Saya”.

Kemudian, pilih “Asisten Penjual” > “Profil Toko” > kemudian lengkapi “Nama Toko” > “Deskripsi Gambar” > “Deskripsi”.

Setelah itu klik icon “Centang” di pojok kanan atas menu.

 

Berikut cara melengkapi profil melalui Seller Centre:

Pergi ke Seller Centre, pilih “Profil Toko” > kemudian lengkapi “Nama Toko” > “Deskripsi Gambar” > “Deskripsi” setelah itu klik “Simpan”.

Pilih nama toko. Pilih nama toko yang khas dan mudah diingat.

Masukkan deskripsi gambar.  Upload hingga 5 foto dan video untuk memberikan toko Anda identitas brand yang kuat.

Buat deskripsi toko.  Buat deskripsi singkat dan ringkas untuk menarik Pembeli mengunjungi toko Anda. Anda dapat menambahkan berbagai informasi seperti riwayat toko, tipe produk atau waktu membalas chat.

 

Yeay. . Anda sudah berhasil membuka toko di shopee. Selanjutnya, Anda perlu mengatur alamat toko dan juga jasa pengiriman yang akan digunakan. Jangan lupa mengatur rekening bank untuk mencairkan penghasilan Anda.

Sebelum mengunggah / upload produk, kita akan belajar bagaimana meriset kata kunci produk.

Kata kunci produk ini nantinya akan di masukkan ke dalam judul produk. Tujuannya agar produk Anda mudah di temukan saat customer mencarinya. Untuk lebih memahami, kita bahas sedikit mengenai Customer Journey.

 

Memahami Customer Journey di Shopee

Customer journey atau jika di artikan adalah perjalanan customer hingga membeli produk di shopee.

Anda harus memahaminya agar tahu dimana bagian Toko atau Produk yang harus dioptimasi. Manusia adalah makhluk yang dibentuk oleh kebiasaan dan rutinitas. Artinya, manusia cenderung melakukan hal yang sama berulang kali, baik ketika bangun tidur sampai tidur lagi.

Begitupun ketika mereka berbelanja di shopee.

Misalnya ketika ada seseorang yang ingin membeli sebuah produk di shopee. Mereka akan…

 

Membuka aplikasi shopee.

Mengetik di kolom pencarian nama produk yang ingin ia beli.

Melihat-lihat produk yang tersedia.

Membandingkan-bandingkan.

Melihat rating dan review dari pembeli sebelumnya.

Melakukan pembelian.

 

Inilah customer journey di shopee. Dari sini kita bisa tahu, setelah calon pembeli membuka aplikasi shopee. Yang mereka lakukan kemudian adalah mengetik di kolom pencarian.

Dari sini Anda harus mencari cara agar ketika mereka mencari produk di kolom pencarian. Produk Andalah yang pertama muncul.

Begitu mereka membandingkan produk Anda dengan yang lain, mereka akan memilih produk Anda bukan yang lain. Karena sudah ter-optimasi.

Kita riset dahulu untuk Nama Produk Anda.

 

Cara Riset Kata Kunci Produk

Ada 3 cara yang akan di-share di sini, yaitu :

Riset kata kunci melalui shopee

Riset kata kunci menggunakan google suggest

Cek perbandingan kata kunci dengan google trends

 

Mari kita bahas satu per satu.

 

Riset kata kunci melalui shopee

Ada banyak variasi kata kunci yang orang cari di shopee. Oleh karena itu agar kita tahu apakah kata kunci yang kita masukkan di judul sudah sesuai dengan yang banyak orang cari atau tidak yaitu dengan merisetnya langsung.

  1. Buka aplikasi shopee atau Anda bisa ke webnya langsung disini https://shopee.co.id/
  2. Pada kolom pencarian masukkan produk yang Anda jual. Misalnya saya menjual “bedak bayi” maka saya akan masukkan kata bedak bayi di kolom pencarian kemudian akan muncul rekomendasi kata kunci yang banyak di cari orang.

  1. Agar variasi kata kunci yang Anda miliki semakin banyak. Anda bisa menambahkan huruf a. Seperti ini.

  1. Ganti huruf a dengan huruf b maka akan muncul hasil yang berbeda.

 

Ulangi cara ini sampai huruf z. Catat rekomendasi kata kunci yang muncul yang nantinya akan kita gunakan sebagai judul produk.

Kata kunci yang di rekomendasikan oleh shopee adalah berdasarkan hasil pencarian orang-orang ketika membeli bedak bayi.

Jadi semakin tepat kata kunci pada judul produk Anda, maka akan semakin mudah produk Anda di temukan.

 

Riset Kata Kunci Menggunakan Google Suggest

Anda juga bisa menggunakan google untuk mendapatkan banyak variasi kata kunci.

 

Buka https://www.google.co.id/

Setelah itu akan muncul rekomendasi kata kunci dari google. Rekomendasi yang muncul berdasarkan hasil pencarian yang di masukkan pengguna google.

 

Selanjutnya tambahkan huruf a, maka akan muncul rekomendasi kata kunci yang berbeda.

Selanjutnya Anda bisa ganti dengan huruf b maka akan muncul juga rekomendasi yang berbeda. Lakukan terus sampai huruf Z, Anda juga bisa mencobanya dengan menggunakan angka.

Simpan kata kunci yang muncul untuk nantinya di gunakan sebagai judul produk.

 

Cek Perbandingan Kata Kunci Dengan Google Trends

Dari setiap kata kunci yang muncul, kita harus cek trend pencariannya menggunakan google trend.

Jika pencarian kata kuncinya tinggi maka itu yang akan dipilih terlebih dahulu.

 

Silahkan buka Google Trends

Kemudian ubah negara tujuan menjadi indonesia, setelah itu ubah juga durasi trendnya menjadi 12 bulan terakhir. Di https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID

Disini ada 2 kata kunci yang akan saya bandingkan. Yang pertama kata kunci “Bedak Bayi My Baby” dan yang kedua “Bedak Bayi Zwitsal”

Dari sini kita bisa mengetahui mana yang lebih tinggi trendnya. Antara kedua kata kunci di atas tenyata zwitsal lebih tinggi sedikit di bandingkan my baby.

Setelah Anda mengetahui trend sebuah kata kunci. Selanjutnya gunakan kata kunci yang memiliki trend paling tinggi sebagai judul nama produk.

Dengan begitu kemungkinan produk Anda ditemukan oleh calon pembeli lebih tinggi ketimbang tidak mengoptimasi kata kunci.

 

Upload Produk ke Toko Anda di Shopee

Anda bisa mulai mengunggah produk atau barang yang akan dijual. Sebaiknya, Anda menyiapkan gambar dengan kualitas yang baik untuk diunggah.

Pastikan gambar tersebut dapat dilihat dengan jelas dan menarik bagi calon pembeli.

Isi detail produk yang Anda jual seperti nama produk (hasil riset kata kunci tadi), jenis, deskripsi, ukuran, merek, dan lain sebagainya. Shopee akan melakukan pemeriksaan produk yang Anda jual dalam waktu 1 hari kerja.

Berikut cara upload produk :

  • Akses tokomu di Seller Center (seller.shopee.co.id) atau klik Saya > Mulai Jual di Aplikasi Shopee
  • Klik ‘Tambah Produk Baru
  • Lengkapi Informasi Penjualan dengan deskripsi produk yang lengkap dan sesuai, serta Informasi Pengiriman mengenai jasa kirim yang akan digunakan.
  • Klik “Simpan & Tampilkan” untuk menampilkan produk Anda di Toko.

 

Tips Mendapat Pembeli dengan Cepat di Shopee

Apabila proses verifikasi Shopee selesai dilakukan, produk Anda sudah bisa muncul di etalase toko. Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan promosi.

Berikut beberapa tips untuk bisa mendapatkan pembeli pertama toko Anda di Shopee dengan cepat:

  1. Berikan Harga yangKompetitif

Sebelum berjualan, pastikan harga produk yang Anda tawarkan sudah kompetitif dan bisa bersaing dengan produk lainnya.

  1. Perbanyak variasi produk

Perbanyak produk maupun variasi produk berupa ukuran yang lengkap dan tawarkan berbagai macam warna. Semakin banyak variasi produk, maka akan lebih banyak kesempatan bagi para Pembeli untuk membeli produk di toko Anda. Anda tak memerlukan banyak waktu untuk mengunggah produk, sebab Shopee menyediakan fitur untuk upload secara massal.

  1. Naikkan Produk.

Selalu gunakan fitur Naikkan Produk di Shopee. Fitur ini bisa diaktifkan hingga 5 produk setiap 4 jam sekali.  Semakin sering menggunakan fitur ini, produk Anda semakin sering dilihat oleh Pembeli. Produk Anda juga memiliki kemungkinan besar untuk muncul di hasil pencarian teratas. Namun, fitur ini tidak dapat digunakan apabila jumlah produk yang dinaikkan sudah mencapai batas maksimal atau apabila produk masih dalam proses pemeriksaan oleh Shopee.

  1. Buat Voucher Toko.

Berikan promosi menarik untuk meningkatkan keinginan pembeli belanja produk di toko Anda melalui fitur Voucher Toko Saya di Seller Centre bagian Promosi Saya. Setelah Buat Voucher Baru, pilih jenis voucher, dan isi semua informasi di kolom Informasi Voucher, klik Simpan.

  1. Daftar Gratis Ongkir di Shopee.

Gratis ongkir menjadi salah satu daya tarik terbesar bagi para pembeli. Sebaiknya Anda segera mengaktifkan fitur tersebut. Daftarkan toko Anda di program Gratis Ongkir melalui aplikasi atau situs Shopee pada halaman Gratis Ongkir. Proses pendaftaran Gratis Ongkir Shopee memerlukan waktu maksimal dua hari kerja sejak dokumen diterima secara lengkap (tidak dihitung hari Sabtu, Minggu & Libur Nasional).

  1. Ikuti Program Khusus dari Shopee

Shopee menyediakan banyak program khusus untuk pejual. Salah satunya adalah flash sale.

Flash sale sendiri merupakan penjualan produk yang dilakukan dalam waktu singkat dengan harga yang telah didiskon.

Program Flash Sale ini dapat dilihat oleh semua pengguna Shopee. Sehingga mengikuti program flash sale bisa menjadi salah satu strategi yang tepat untuk mendatangkan pembeli.

  1. Gunakan media promo lainnya

Sebarkan di media sosial seperti Facebook, Instagram. Anda bisa melakukan promosi melalui messaging apps seperti WhatsApp, LINE, Telegram, dan lain-lain. Berikan deskripsi lengkap tentang produk yang Anda jual, seperti bahan, ukuran, harga, dan nilai tersendiri dari produk tersebut.

Nah, itulah cara buka toko di Shopee dan tips untuk berjualan dan cepat mendapatkan pembeli di e-commerce Shopee tersebut.

Hal Teknis dan Cara Promo Organik Lainnya di Shopee

Kirimkan Order Pertamamu, Lindungi Tokomu, Fitur Asisten Penjual, Pengaturan Toko, Penilaian Produk dan Toko, Chat dan Performa, Performa Toko, Poin Penalti dan Pemaparan, Tarik Uang / Saldo.

Promo Toko, Voucher Toko Saya, Paket Diskon untuk meningkatkan pembeli.

Produk Pilihan Toko, Voucher Ikuti Toko untuk meningkatkan kunjungan.

Cara Promo Organik lainnya tersebut, Sahabat bisa dapatkan informasi panduannya berupa e-book sehingga dapat dipelajari lebih lanjut hal teknis lainnya. Maupun Cara Promo lainnya untuk meningkatkan kunjungan dan pembeli di Toko Anda di Shopee. Shopee juga punya Fitur Shopee Feed, Shopee Live, dan Dekorasi Toko buat men-support pemilik toko agar terus berjualan laris.

Silahkan Klik : Cara Promo Organik di Shopee

 

Cara Beriklan di Shopee

Untuk memaksimalkan penjualan, selain dengan mengoptimalkan cara-cara organik. Anda harus persiapkan beriklan di shopee menggunakan fitur iklanku.

Shopee sendiri sebagai marketplace pun melakukan hal yang sama. Cara organik maupun iklan dilakukan Shopee terus-menerus. Inovasi dan gebrakan kehadiran Shopee yang bisa ditemukan dimana-mana.

Melanjutkan sebagai Toko di Shopee, dengan beriklan di shopee produk Anda akan makin mudah ditemukan oleh calon pembeli, karena shopee akan memprioritaskan akun yang beriklan, sehingga produk Anda akan tampil di urutan teratas.

Berikut tahapan beriklan di shopee:

Pilih produk yang ingin Anda iklankan

Pastikan produk yang akan Anda iklankan sudah lengkap infonya mulai dari gambar, judul, hingga deskripsi produk.

Pilih kata kunci yang relevan dengan produk Anda.

Tentukan biaya perklik untuk setiap kata kunci.

Atur modal dan durasi iklan.

 

Yang harus diketahui di sini bahwa tidak setiap produk yang Anda iklankan akan langsung laris. Terkadang yang terjadi sudah iklan tapi tetap saja sepi pembeli.

Oleh karenanya perlu mempelajari lagi bagaimana cara beriklan yang baik dan benar di Shopee agar nantinya iklan yang dijalankan bisa efektif melariskan produk Anda.

Beruntungnya Anda bisa belajar di Kelas Shopee.

Di KELAS SHOPEE Full  Anda akan belajar lengkap dan lebih mendalam mulai dari :

cara jualan di shopee

cara mengoptimasi toko di shopee

cara beriklan di shopee

cara mendapatkan pembeli pertama di shopee

sampai dapat orderan tiap hari di shopee

dengan dukungan team mentor dan grup support untuk membimbing Anda.